Author Guidelines

  1. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5, dicetak pada kertas A4 minimal 15 halaman/ 5000 kata, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar beserta soft-copy-nya. Pengiriman naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: cendekia@iainponorogo.ac.id.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, Arab atau Inggris. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, kajian teori,  hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar rujukan.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 14 poin.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 150 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak minimal berisi judul artikel, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  6. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  7. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel. (metode penelitian dicantumkan khusus untuk penelitian lapangan)
  8. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
  9. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  10. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal Cendekia disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
  11. Perujukan dan pengutipan ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki). Footnote yang digunakan adalah footnote Gaya Chicago.
  12. Menggunakan manajemen referensi (zotero, mendeley, endnote dll).
  13. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah IAIN Ponorogo atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.
  14. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/ saran dari mitra bebestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara online.
  15. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
  16. Daftar Rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
  • Catatan kaki untuk kutipan dari buku; nama penulis, judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun penerbitan), dan nomor halaman.
    Contoh: Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Diva Press, 2012), 15.
  • Catatan kaki untuk kutipan dari buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun), dan nomor halaman.
    Contoh: Zainal Arifin, ed., Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, (Ponorogo: STAIN Po Press, 2012), 15.
  • Catatan kaki untuk kutipan dari jurnal/majalah: nama penulis, tahun penerbitan, judul dalam tanda petik, nama majalah/jurnal, nomor penerbitan, tanggal/bulan penerbitan (jika ada), dan nomor halaman.
    Contoh: M. Sahabudin, “Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta”,  Cendekia Vol 9 No. 2 (Agustus 2011), 300.
  • Catatan kaki untuk kutipan dari elektronik:
    Contoh: Burka, Lauren P. “A Hypertext History of Multi-User Dimensions.” MUD History. 1993.http://www.utopia.com/talent/lpp/middex/essay, diakses 2 Agustus 1999.