منهج الإمام ابن الجوزي في كتابه: الكشف لمشكل الصحيحين

  • ahmad dahlan كلية أصول الدين والفكر الإسلامي، قسم علوم القرآن والتفسير. الجامعة الإسلامية الحكومية سونان كاليجاكا جوكجاكرتا (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Abstract views: 428 , PDF downloads: 577

Abstract

Abstract

 

Salah satu cabang ulum hadis yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh pengkaji hadis adalah ilmu musykil hadis. Di kalangan ulama klasik, ada beberapa ulama yang mendedikasikan dirinya menggeluti salah satu cabang ulum hadis tersebut.Salah satu di antara mereka adalah Imam Ibnu al-Jauzi dengan karyanya yang berjudul ‘Al-Kasyf li Musykil al-Shahihain’. Tulisan ini berusaha untuk mengenal lebih dalam karya tersebut, dengan menitik-beratkan pada metodologi yang ditempuh oleh pengarangnya. Diantara keunikan kitab ini adalah pengarangnya menertibkan hadis-hadis yang dianggap musykil tidak berdasarkan tema, melainkan berdasarkan musnad (riwayat Sahabat). Dalam hal ini, dia terinspirasi oleh musnad al-Humaidi. Sebelum menjelaskan hadis yang dianggap musykil, dia mendahulinya dengan riwayat singkat Sahabat yang meriwayatkan hadis tersebut. Setelah itu dia menghadirkan redaksi (matan) hadisnya. Terkadang dia meriwayatkan hadis secara maknanya (tidak literal). Yang patut dicatat dalam kitab ini adalah tidak semua yang dibahas dan diulas oleh pengarangnya adalah termasuk dalam kategori musykil hadis--sebagaimana yang didefinisikan dalam Musthalah Hadis. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dijelaskan oleh Ibnu al-Jauzi meskipun tidak termasuk hadis musykil. Dia melakukan itu untuk memperkuat argumentasinya ketika menjelaskan hadis tertentu, atau untuk mengambil dalil dari hadis tersebut, atau untuk tambahan penjelasan.

 

يعد علم مشكل الحديث من أهم علوم الحديث الذي لا بد لدارس الحديث الاهتمام به، وإذا تتبعنا جذور هذا العلم نجد بعض المتقدمين من العلماء قد خاضوا في هذا العلم، ومن بين هؤلاء هو الإمام ابن الجوزي الذي ألف كتاب "الكشف لمشكل الصحيحين".  يحاول هذا البحث الموجز التعرف على هذا الكتاب القيم مركزا على منهج مؤلفه. يخرج البحث بنتائج منها: انتهاج المؤلف طريقة المسند في تصنيف الأحاديث المشكلة، وهو في هذا المنوال ينهج منهج الحميدي في ترتيب مسنده، ولو خالفه في بعض المناهج، فعنون لكل مسند بقوله: "كشف المشكل من مسند فلان"، وذكر اسم الصحابي، ثم قام بتعريف موجز عن الصحابي بذكر شيء من فضائله وعدد أحاديثه، ثم أخذ يذكر جزءاً من الحديث الذي يريد شرح إشكاله، وفي الغالب سرد لفظه من أوله، ثم توقف عند موضع الإشكال، وربما ذكر الحديث متصرفاً، فرواه بالمعنى. لم يكن جميع ما تطرق ابن الجوزي لشرحه من قبيل المشكل -على المصطلح المستقر في علوم الحديث. لذلك نجد في كتابه بعض الأحاديث الذي ليس مشكلاً، إلا أن ابن الجوزي ذكره من أجل الاستشهاد أو الاستدلال على شيء أو زيادة بيان.

كلمات مفتاحية: مشكل الحديث، غريب الحديث، ناسخ، ومنسوخ

Author Biography

ahmad dahlan, كلية أصول الدين والفكر الإسلامي، قسم علوم القرآن والتفسير. الجامعة الإسلامية الحكومية سونان كاليجاكا جوكجاكرتا (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
كلية أصول الدين والفكر الإسلامي، قسم علوم القرآن والتفسير. الجامعة الإسلامية الحكومية سونان كاليجاكا جوكجاكرتا (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

PlumX Metrics

Published
2014-06-01