Pengembangan Bahan Ajar Muthala'ah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Jurusan PBA IAIN Ponorogo

Aliba'ul Chusna(1),

(1) IAIN Ponorogo
Corresponding Author

: 10.21154/kodifikasia.v12i2.1515
Full Text:    Language : id-ID
Submitted : 2019-02-04
Published : 2018-12-31

Abstract


Kebutuhan akan bahan ajar menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Terlebih dalam pembelajaran keterampilan membaca atau yang dikenal dengan mata kuliah muthola’ah di jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo. Bahan ajar menjadi sesuatu yang mutlak dibutuhkan karena mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai isi bacaan, tidak hanya sebatas simbol-simbol atau kaidah bahasa. Ketiadaan bahan ajar dalam mata kuliah ini menjadikan pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga perlu adanya sebuah langkah pengembangan bahan ajar supaya proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar muthola’ah I berbasis pendidikan karakter. Pengembangan bahan ajar ini diawali dengan tahap perencanaan dan pengembangan produk. Melalui pendekatan kuantitatif, jenis penelitian RnD, yaitu ADDIE model. Kesimpulan hasil validasi dari para ahli menunjukkan angka 75,27%, yang artinya termasuk dalam kriteria layak dan membutuhkan revisi seperlunya. Setelah peneliti melakukan revisi dari hasil validasi dari para ahli, uji coba bahan ajar muthola’ah I berbasis pendidikan karakter, menghasilkan nilai uji-t sebesar 88,75% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain untuk memenuhi ketersediaan, pengembangan bahan ajar ini diarahkan pada naskah-naskah bermuatan pendidikan karakter yang diharapkan mampu memberikan pemahaman akan penanaman nilai-nilai karakter bagi mahasiswa.

Keywords


Bahan Ajar; Muthola’ah; Pendidikan Karakter

Article Metrics

 Abstract Views : 22 times
 PDF Download : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kodifikasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.