Abstract


Latar belakang penelitian ini difokuskan untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan Pondok Pesantren memalui Islamic Agropreneur School upaya untuk mengurangi pengangguran di Indonesia, Dalam hal ini, diberikan sebuah inovasi sistem yang berbasis pertanian dan entrepreneur yang disebut sistem pendidikan agropreneurship untuk menunjang kemampuan para santri dalam bertani dan berbisnis agar nantinya lulusan pesantren menjadi petani dan pebisnis yang modern dan handal. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisa sistem pendidikan yang cocok bagi pesantren untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia nyata. 2). Menganalisa potensi pertanian dan perikanan sebagai lahan wirausaha lulusan pesantren. 3). Menganalisa penerapan konsep Islamic Agropreneur School dalam pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode analisa deskriptif yaitu analisa untuk mengelola dan menafsirkan data yang diperoleh dari bahan pustaka sehingga dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya pada obyek yang dikaji dan Metode analisa komparatif yaitu untuk melihat perbandingan gagasan yang ditawarkan dengan beberapa teori yang relevan dengan gagasan. Penyusunan karya tulis ilmiah ini memiliki tahapan-tahapan dalam proses penulisannya yang dilakukan sebagai landasan untuk pengembangan konsep dasar dalam perumusan permasalahan yang diangka. Hasil dari penilitian tersebut adalah Entrepreneurship memiliki korelasi positif dengan kemajuan suatu negara. Semakin banyak orang yang berjiwa dan bersemangat entrepreneur, semakin besar peluang negara yang bersangkutan menjadi negara maju.


Keywords


Pesantren, Agropreuneur School, pengangguran


Fatal error: Call to a member function getCount() on null in /home/h26204/jurnal.iainponorogo.ac.id/cache/t_compile/responsiveTheme^%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php on line 215