Relasi Kemampuan Literasi Jaringan dengan Manajemen Privasi Pelajar Sma Negeri 1 Sumedang

Yulian Maudi Agustien, Prijana Prijana, Andri Yanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi relasi antara kemampuan literasi jaringan dengan manajemen privasi pada pelajar SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi asosiatif. Populasi merupakan para siswa SMA Negeri 1 Sumedang. Ukuran sampel sejumlah 150 siswa berdasarkan ukuran proposi binomial dan sampling error. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket kuesioner, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data penelitian menggunakan skala nominal dan dianalisis menggunakan analisis chi square dan analisis koefisien kontingensi C dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relasi yang signifikan antara pemahaman mengenai sistem jaringan internet serta kemampuan mengakses dan menyaring informasi dengan manajemen privasi. Para siswa memiliki pemahaman mengenai jaringan internet yang tinggi dan mampu menerapkannya dalam menentukan kontrol dan kepemilikan terhadap informasi pribadi. Para siswa juga memiliki kemampuan menyaring informasi yang tinggi dan mampu menerapkannya dalam menentukan batasan privasi. Sedangkan kemampuan menyebarkan informasi serta keterbukaan diri dalam jaringan internet tidak memiliki relasi yang signifikan dengan manajemen privasi. Para siswa mampu menyajikan dan menyebarkan informasi melalui internet, namun kurang berhati-hati dalam memeriksa kembali konten yang mungkin mengandung informasi pribadi sebelum diunggah di media sosial. Mayoritas siswa cenderung bersikap terbuka dalam berinteraksi dengan pengguna internet lainnya, namun langkah privasi yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan para siswa yang cenderung tertutup. 

Abstract: This research aims to determine the relationship between network literacy skills and privacy management of high school students. This research uses quantitative method with associative study. The population is students of SMA Negeri 1 Sumedang. The sample size is 150 students based on the binomial proportion and sampling error size. Research data are collected through questionnaire, observation, interview, and literature study. The research data uses nominal scale and analyzed using chi square analysis and contingency coefficient C analysis with confidence level of 95%. The result of this research indicates that there are significant relationships between understanding of internet network system and information access and filtering skills with privacy management. The students have a high understanding about internet network and able to apply it in determining control and ownership of private information. The students also have good information filtering skills and able to apply it in determining their private boundaries. Whereas information sharing skills and self-opennes in internet network do not have any significant relationship with privacy management. The students are able to present and distribute information through internet, but not careful enough in rechecking contents that may contain private information before uploading it into social media. Majority of the students tend to be open in interacting with other internet users, but the privacy measures that they are doing are not much different from the students who tend to be closed.

Keywords


literasi jaringan; manajemen privasi; informasi pribadi; kemampuan literasi; pelajar sma

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia. 2016. Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2016. Jakarta: APJII.

Hu, Chengren. 1996. "Network Literacy: New Task for Librarians on User Education." 62nd IFLA General Conference - Conference Proceedings - August 25-31, 1996.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2017. Survey Penggunaan TIK : Serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

McClure, Charler R. 1994. "Network Literacy: A Role for Libraries?" Information Technology and Libraries 13 (2): 115-125.

Oxford University. 2010. Oxford Dictionary of English. Third Edition. Oxford: Oxford University Press.

Pegrum, Mark. 2010. "I Link, Therefore I Am : Network Literacy as a Core Digital Literacy." E-Learning and Digital Media 7 (4): 346-354

Petronio, Sandra. 2002. Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure. Albany: Suny Press.

Prijana, Yunus Winoto, dan Andri Yanto. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif : Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Bandung: Unpad Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNICEF. 2014. "Digital Citizenship Safety among Children and Adolescents in Indonesia." UNICEF Annual Report 2014 Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2019 Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal Indexed by: