Peran Pustakawan Sebagai Teman Karib (Tempat Efektif Menemukan Aneka Referensi Ilmiah dan Buku) dalam Pembelajaran

Mariatul Qibthiyyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Rancangan penelitian ini adalah metode campuran dengan prosedur Triangulasi. Desain: Validasi Model Data Kuantitatif. Dalam model ini, peneliti akan mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian menganalisis masing-masing data tersebut. Tahapan selanjutnya adalah melakukan analisis lebih lanjut dengan memvalidasi hasil analisis kuantitatif menggunakan hasil kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ULM. Sampel untuk melihat peran pustakawan dalam pembelajaran yaitu 500 siswa.Teknik data yang validasi instrumen oleh validator, pengisian kuesioner, wawancara terbuka untuk memperdalam gambaran yang memiliki kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian besar siswa yaitu 40,466% siswa setuju bahwa pustakawan dapat berperan sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran. 27,84% siswa sangat setuju. Sedangkan sebagian kecil siswa masing-masing sebesar 7,11% dan 1,34% menyatakan tidak setuju dan tidak setuju dengan pernyataan tersebut.  


Keywords


Librarians, learning, effectiveness

Full Text:

PDF

References


Asmad, C C, and Taufiq Mathar. “Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kinerja Perpustakaan.” Khazanah Al-Hikmah 3, no. 2 (2015).

Aziz, Lulu Andarini. “Upaya Perpustakaan Dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa (Studi Kasus Di Upt Perpustakaan Unika Soegijapranata).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 4, no. 3 (2015): 131–40.

Kristyanto, Dian. “Reference Agent: Mengoptimalkan Pustakawan Dalam Menghidupkan Kembali Layanan Referensi.” Pustakaloka 7, no. 1 (2015): 1–14.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya (2015).

Samosir, Zurni Zahara. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU Departemen Studi.” Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi 1, no. 1 (2005): 28–36.

Subrata, Gatot. “Upaya Pengembangan Kinerja Pustakawan Perguruan Tinggi Di Era Globalisasi Informasi.” Jurnal Pustakawan Perpustakaan UM 1, no. 1 (2009): 1–12.

Yuliati, L. Model-Model Pembelajaran Fisika: Teori Dan Praktek. Malang: UM, 2008.




DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2020 Pustakaloka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal Indexed by: