Reader Comments

9 Tipe Nutrisi yang Dibutuhkan Bunda Hamil

by Lintang Bumi Indonesia (2020-08-22)


Selamat, Bunda positif berbadan dua! Dalam waktu 9 bulan ke depan hendak terdapat balita kecil yang mengisi keluarga Bunda. Demi mempersiapkan calon anggota keluarga baru, terdapat banyak persiapan yang wajib Bunda jalani. Persiapan utama merupakan nutrisi bunda berbadan dua buat penuhi kebutuhan gizi bunda serta pertumbuhan bakal anak dalam isi. Semenjak masa kehamilan, kebutuhan bakal anak wajib sangat dicermati buat menjauhi permasalahan stunting yang terus menjadi memprihatinkan.

Dikala berbadan dua Bunda hendak hadapi pergantian raga serta hormon. Konsumsi gizi juga sangat mempengaruhi pada kesehatan bunda serta bakal anak. Diperlukan nutrisi yang pas berbentuk makronutrien( karbohidrat, protein, serta lemak) serta mikronutrien( vit serta mineral). Di dasar ini ada catatan nutrisi bunda berbadan dua yang harus buat dipadati:

Energi

Sepanjang masa kehamilan, Bunda memerlukan bonus tenaga buat menunjang kesehatan Bunda serta kebutuhan perkembangan bakal anak di dalam rahim. Bagi Angka Kecukupan Gizi( AKG) 2013, di trimester awal Bunda berbadan dua memerlukan bonus tenaga sebanyak 180 kkal serta bonus 300 kkal di trimester kedua serta ketiga. ibu dan anak Bonus tenaga ini dapat didapat Bunda dengan komsumsi 2 gelas susu Frisian Flag Mama Sesi 0 SUPRIMA tiap harinya. Ada pula mengkonsumsi santapan yang lain sama semacam mengkonsumsi di hari- hari saat sebelum kehamilan.

Protein

Protein ialah nutrisi bunda berbadan dua yang tidak boleh hingga terlewatkan. Zat ini berguna dalam perkembangan jaringan buah dada Bunda buat persiapan menyusui balita serta tingkatkan suplai darah dalam badan. Tidak hanya itu protein pula bisa menolong pertumbuhan sel otak bakal anak.

Bagi Angka Kecukupan Gizi( AKG) 2013, bunda berbadan dua memerlukan bonus konsumsi protein sebanyak 20 gr di luar kebutuhan seharinya. Sumber protein yang terbaik merupakan protein hewani semacam telur, susu, ikan, daging serta kacang- kacangan. Bunda berbadan dua pula dapat memperoleh bonus protein sebanyak 20 gr dengan komsumsi susu bunda berbadan dua Frisian Flag Mama sebanyak 2 gelas dalam satu hari.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori yang baik untuk bunda berbadan dua. Paling tidak diperlukan akumulasi 300 kalori dibanding dikala saat sebelum berbadan dua. Karbohidrat berperan bagaikan sumber tenaga supaya Bunda tidak merasa lemas dikala beraktifitas. Tidak hanya itu karbohidrat pula mempunyai guna buat mengendalikan metabolisme lemak, melancarkan sekresi sisa santapan( menolong menghasilkan feses), serta mengirit protein. Sumber karbohidrat yang dapat Bunda seleksi misalnya saja nasi, pasta, kentang, sereal, oatmeal, serta gandum.

Zat Besi

Bunda berbadan dua sangat rentan terhadap rasa lemas serta pusing yang diakibatkan minimnya suplai darah dalam badan. Kebutuhan darah sepanjang berbadan dua pula bertambah sebab Bunda mengalirkan darah ke bakal anak. Buat itu dibutuhkan nutrisi bunda berbadan dua berbentuk zat besi sebanyak 27 mg per hari sepanjang berbadan dua buat menolong tingkatkan volume darah serta menghindari anemia. Bunda dapat memperoleh zat besi dari sayur- mayur hijau( bayam, selada, serta kubis), daging sapi, sereal, biji- bijian, roti, serta havermut.

Kalsium

Nutrisi bunda berbadan dua yang wajib terpenuhi selanjutnya merupakan kalsium. Tidak cuma berguna dalam memantapkan tulang serta gigi si bunda, kalsium pula berfungsi dalam pembuatan tulang serta gigi bakal anak. Apabila kurang terpenuhi, hingga Bunda dapat hadapi tulang serta gigi keropos dan bakal anak tidak dapat berkembang dengan maksimal.

Kalsium pula berfungsi dalam menolong kontraksi otot, kerja guna saraf, dan mengendalikan cairan dalam badan. Buat itu Bunda wajib teratur komsumsi susu serta sebagian sumber santapan yang lain yang memiliki kalsium besar, semacam bayam, keju, yoghurt, salmon, serta sarden.

Asam Folat

Dikala berbadan dua, asam folat jadi zat yang sangat berarti untuk kesehatan bakal anak serta bisa kurangi efek cacat lahir semacam spina bifida serta anencephaly. Cacat lahir yang lain merupakan cacat tabung saraf bakal anak yang bisa mempengaruhi pada otak serta sumsum tulang balik bakal anak. Diperlukan 600- 800 mikrogram asam folat tiap hari yang dapat didapatkan dari kacang- kacangan, hati sapi, sayur- mayur hijau, telur, lemon, tomat, stroberi, mangga, serta jeruk. Tetapi dokter isi umumnya pula senantiasa menyertakan suplemen asam folat buat penuhi konsumsi gizi bunda.

Serat

Bunda berbadan dua kerap meringik hadapi konstipasi. Siasati permasalahan ini dengan penuhi kebutuhan serat setiap hari supaya sistem pencernaan senantiasa terpelihara, merendahkan kandungan kolesterol, mengendalikan kandungan gula darah, serta melindungi berat tubuh. Nutrisi bunda berbadan dua ini dapat didapat dari kacang- kacangan, buah- buahan, sayur- mayur, oat, serta gandum.

Lemak

Berat tubuh sepanjang berbadan dua memanglah wajib dilindungi biar tidak melonjak dengan pesat. Tetapi bukan berarti Bunda wajib menjauhi konsumsi lemak, sebab lemak berperan buat membangun sel- sel badan serta melindungi organ Bunda serta bakal anak. Bunda juga butuh memilah tipe lemak yang baik buat badan, ialah lemak tidak jenuh yang dapat diperoleh dari ikan salmon, jagung, serta kacang tanah. Bunda pula dapat memilah tipe lemak nabati, semacam kacang- kacangan, alpukat, serta biji- bijian.

Vitamin

Tidak ketinggalan, terdapat bermacam berbagai vit bagaikan nutrisi bunda berbadan dua yang mempunyai banyak khasiat. Diantara vit tersebut merupakan:

Vit A

Berperan buat melindungi kesehatan mata, kulit, perkembangan tulang, serta tingkatkan sistem imun badan. Vit A dapat didapatkan dari telur, hati, sayur- mayur hijau, wortel, buah- buahan bercorak kuning serta jingga, umbi- umbian, susu, serta keju.

Vit B6

Berperan dalam pembuatan sel darah merah, meringankan mual serta muntah, melindungi kandungan glukosa darah, mendesak pertumbuhan saraf serta otak bakal anak, dan tingkatkan khasiat lemak, karbohidrat, serta protein. Vit B6 dapat didapatkan dari biji- bijian utuh semacam daging ayam serta sapi, hati ayam, telur, salmon, gandum, pisang, sereal, bayam, alpukat, serta kacang- kacangan.

Vit B12

Berperan dalam melindungi kesehatan sistem saraf, pembuatan sel darah merah, serta pembuatan DNA. Vit B12 dapat didapatkan dari susu, ikan, daging, yogurt, kerang, serta kepiting.

Vit C

Berperan dalam menguatkan energi tahan badan, menolong penyerapan zat besi, serta melindungi kesehatan gusi, tulang, serta gigi. Vit C dapat didapatkan dari jeruk, buah beri, tomat, serta brokoli.

Vit D

Berperan dalam menolong penyerapan kalsium dan melindungi kesehatan tulang serta gigi. Vit D dapat didapatkan dari roti, sereal, serta susu.

Panduan Penuhi Nutrisi Sepanjang Kehamilan

Tetapi masa kehamilan di trimester awal dapat jadi saat- saat yang susah untuk para bunda buat dapat penuhi kebutuhan nutrisi yang diakibatkan oleh rasa mual yang kerap terjalin. Tidak hanya itu pula ada sebagian hambatan yang hendak dirasakan sepanjang masa kehamilan. Simak sebagian panduan berikut biar nutrisi Bunda berbadan dua dapat senantiasa terpelihara:

Mengkonsumsi santapan berserat besar serta memperbanyak konsumsi cairan dari air putih serta juice buah rendah gula buat menghindari konstipasi yang universal dirasakan oleh bunda berbadan dua.

Makan pagi tidak boleh terlewatkan. Tetapi apabila hadapi morning sickness, Bunda dapat berupaya buat makan roti gandum bagaikan permulaan. Sehabis itu tambahkan oatmeal, sereal, buah, yoghurt, ataupun susu rendah lemak.

Mempraktikkan pola makan sehat yang terdiri dari gandum, kacang- kacangan, buah, serta sayur- mayur.

Jangan hingga telat makan. Makanlah dengan jatah kecil tetapi kerap buat menjauhi perut terasa begah dan jangan tiduran sehabis makan.

Menjauhi minuman berkafein, beralkohol, bersoda, serta ikan yang memiliki merkuri sebab bisa pengaruhi berkembang kembang bakal anak.

Menjauhi santapan pedas serta berlemak, paling utama untuk Bunda yang mempunyai penyakit maag sebab dapat menimbulkan sakit serta rasa tidak aman pada perut.

Masa kehamilan memanglah sangat mengasyikkan serta penuh tantangan ya, Bu. Tetapi seluruh itu hendak terbayarkan dikala Bunda kesimpulannya dapat mencermati suara tangis balita yang lahir dengan sehat serta wajar. Susu Frisian Flag Mama ikut menolong Bunda dalam penuhi nutrisi bunda berbadan dua buat kesehatan si Bunda serta bakal anak dalam isi. Frisian Flag Mama memiliki protein, karbohidrat, lemak, serat pangan( inulin), asam folat, zat besi, kalsium, 29 multivitamin, serta mineral yang diperlukan bunda berbadan dua. Minum susu ini sekali tiap hari serta miliki khasiatnya!