KOTAK INFAK DI NU-CARE LAZISNU KABUPATEN SRAGEN: IMPLEMENTASI DAN PENGELOLAAN

  • Miftahul Huda
  • Nur Kasanah
Abstract views: 943 , PDF downloads: 3284
Keywords: Filantropy, Infak Sedekah, Wakaf, Charity

Abstract

Abstract

Philanthropy is all voluntary activities of individuals and communities, both in the form of objects and services used for public purposes. Philanthropy has a broader range of meanings than charity. In Islam, philanthropy can be in the form of zakat, donation, alms, and endowments. In Sragen Regency, Central Java, the local Nahdlatul Ulama (NU) through the NU Amil Zakat Institute is known as the NU Care LAZISNU initiated the realization of Islamic philanthropy which is unique namely, philanthropic activity based on infaq coins or coins called the NU Coin Movement, this paper shows that the implementation of the management of the NU Coin Movement in NU Care LAZISNU Sragen Regency consists of fund-raising management, distribution management, and utilization and reporting management has progressed well as modern management as evidenced by the results of distribution to the people who need it.

Keywords: Philanthropy, Alms giving, Waqf, Charity

 

Abstrak

Filantropi adalah semua kegiatan pemberian sukarela dari individu dan masyarakat, baik berupa benda maupun layanan yang digunakan untuk kepentingan umum. Filantropi memiliki cakupan makna yang lebih luas dari amal (charity). Dalam Islam, filantropi dapat berupa zakat, infak, sedekah dan wakaf. Di Kabupaten Sragen Jawa Tengah, Nahdlatul Ulama (NU) setempat melalui Lembaga Amil Zakat NU yang dikenal dengan nama NU Care LAZISNU menginisiasi terwujudnya filantropi Islam yang cukup unik yaitu, aktivitas filantropi berbasis kotak infak uang koin atau receh yang disebut Gerakan Koin NU, tulisan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen Gerakan Koin NU di NU Care LAZISNU Kabupaten Sragen terdiri dari manajemen fundraising, manajemen distribusi dan pendayagunaan dan manajemen pelaporan telah berkembang dengan baik sebagaimana menejemen modern yang dibuktikan dengan hasil penyaluran kepada masyarakat yang memerlukan.

References

Ahmad Gaus, Filantropi dalam Masyarakat Islam (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008)

Amelia Fauzia, Filantropi Islam: Sejarah dan Kontestasi Masyarakat Sipil dan Negara di Indonesia (Yogyakarta: Gading Publising, 2016).

Https://www.nu.or.id/post/read/83852/lazisnu-sragen-kemandirian-dan-gerakan-koin-nu, “Lazisnu Sragen, Kemandirian, dan Gerakan Koin NU”, diakses pada Rabu, 16 Agustus 2018.

Kholid Mawardi, “NU dan Problem Kemiskinan: Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Kesejahteraan Masa Kolonial”, Jurnal Komunika, Vol. 7 No. 2 (Juli-Desember 2013), pp.

M. Dawam Rahardjo, “Filantropi Islam dan Keadilan Sosial: Mengurai Kebingungan Epistemologis”, dalam Berderma untuk Semua: Wacana dan Praktik Filantropi Islam, xxxvii.

Ma’ruf Amin, “Gelorakan Harakah an-Nahdliyah liz Zakah”, dalam Membumikan Sedekah: Belajar dari Cicurug Sukabumi, Syamsul Huda, dkk (Jakarta: NU Care Lazisnu, 2017), 8.

Mahrus El-Mawa, dkk, 20 Tahun Perjalanan NU: Memberdayakan Warga NU (Jakarta: Lakpesdam NU, 2005), 56.

Profil NU Care LAZISNU Sragen lihat di http://www.lazisnusragen.org/sekilas-ii/ diakses pada Sabtu, 19 Januari 2019

Program Kerja NU CARE LAZISNU Sragen lihat di lihat di http://www.lazisnusragen.org/sekilas-ii/ diakses pada Sabtu, 19 Januari 2019

Rachmat Djatnika, “Filantropi Islam menurut Yurisprudensi Islam”, dalam Ibid., 39. Muhammad Sa’i, “Filantropi dalam al-Qur’an: Studi Tematik Makna dan Implementasi Perintah Infak dalam al-Qur’an”, Tasamuh, Vol. 12 No. 1 (Desember 2014), 60.

Tim Penyusun, Buku Panduan Gerakan Seribu Rupiah Koin NU, (Sragen: PCNU Sragen, 2017), 1.

Tim Penyusun, Pedoman Organisasi Dan Standart Operating Procedure UPZIS NU CARE LAZISNU Kabupaten Sragen Masa Khidmah 2017 – 2022 (Sragen: NU Care LAZISNU, 2107), 1.

Tim Penyusun, Pedoman Organisasi NU CARE LAZISNU Masa Khidmat 2015 – 2020 (Jakarta: NU Care LAZISNU, 2106), 7-8.

Tim Penyusun, Pedoman Organisasi NU Care Lazisnu Masa Khidmat 2015-2020 (Jakarta: NU Care Lazisnu, 2016), 1.

Zainul Milal Bizawi, Laskar Ulama-Santri & Resolusi Jihad (Jakarta: Pustaka Compass, 2014), 23.

PlumX Metrics

Published
2019-06-15
Section
Articles