Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA Al-Mannar Ponorogo

Murni Nur Ikasari

Abstract


Abatrak: The purpose of this research is to find out more deeply the steps taken by the TA Al-Manaar Al-Islamiyah Wali Songo Islamic Boarding School Ngabar Siman Ponorogo in developing intrapersonal intelligence of early childhood through role playing centers, as well as seeing the results achieved from the steps for the development of intrapersonal intelligence of early childhood, and do not forget to know the obstacles or obstacles faced by the implementation of these steps. This type of research is a qualitative research method or case study approach. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusion drawing or data verification. The results achieved by intrapersonal intelligence of early childhood in TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar have been well developed through the activities center playing roles with indicators such as self-awareness, emotional control, obeying the rules, a sense of responsibility has also been well developed. Barriers that arise, there are still children who are shy in playing a role, it takes a long time to play a role and the lack of supporting facilities in the center of role playing.


Keywords


Keywords: Children, Intrapersonal, role playing

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ade Dwi Utami, 2012, “Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach” Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI.

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani, 2009,“Metodologi Penelitian Kualitatif” Bandung: Pustaka Setia.

Afrizal, 2014, “Metode Penelitian Kualitatif “, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Susanto, 2015, “Bimbingan dan Konseling dan Konseling di Taman Kanak-Kanak” Jakarta: Prenamedia Grup.

---------------, 2017,“Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori”, Jakarta: PT Bumi Aksara.

¬---------------, 2011, “Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya”, Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Ahmad Tabi’in, 2017, “Penerapan Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Anak Usia Dini”, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Andrianus Krobo, 2014, “Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini”, Vol. 8, Edisi 1.

Awlady, 2017, “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A di TK Buah Hati Makasar”, JurnaI Pendidikan Anak Vol.3 https//: www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.

Dian Asri Pratiwi dan Lailatu Rahma, 2018, “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD”. http://ejournal.uin-suka.ac.id

Een Y. Haenilah, 2015, “Kurikulum dan Pembelajaran PAUD”, Yogyakarta: Media Akademi, 2015.

Evi Muafiah, 2016, “Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponorogo”, Jurnal ThufuLA vol.4 No.1,https//:www.researchgat.net/publication/329780143

Hanisah, 2014, “Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Kegiatan Bercerita Berbantuan Media Film/VCD di Kelompok B5 RA Ummatan Wahidah di Kota Curup, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. http://digilib. Uinsby.ac.id

Howard Gardner, 2003, “Multiple Intelligences Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek”, Batam: Interaksara.

Ihsan El-Khuluqo, 2015, “Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak”, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Iskandar, 2012, “Psikologi Pendidikan”, Jakarta: Referensi.

Jamal Ma’mur Asmani, 2015, “Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD”,Yogyakarta: DIVA Press.

Jamil Suprihatiningrum, 2013,”Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi,& Kompetensi Guru”, Jogjajkarta: Ar-Ruzz Media.

Julia Jasmine, 2016, “Metode Mengajar Multiple Intelegences , penerjemah dari Julia Jasmine profesional’s Guide: Teaching with Multiple Intelegences Teacher Created Materials,Inc. 2001. Bandung: Nuansa.

Khodijah, 2012, “konsep dasar pendidikan prasekolah”, Medan: perdana mulya sarana.

Leli Halimah, 2016, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan AUD”, Bandung: PT Refika Aditama.

Lexy Moleong, 2017, “Metodologi Penelitian Kualitatif”,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lia Eka Sari, 2019, “Implementasi model pembelajaran sentra dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini”,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam negeri. http:// etheses.iainponorogo.ac.id

Luluk Asmawati, 2014, “Perencanaan Pembelajaran PAUD”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

May Lwin dkk, 2008, ”Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan”,Yogyakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim, 2013, “Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak”, Jakarta: Kencana Prenadamedia grup.

Muhsinin Ilmi Navi, 2017, “Efektifitas Pembelajaran Sentra”, STIT NU Al Hikmah. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id

Mukhtar dkk, 2016,“Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi”,Jakarta:Prenadamedia Group.

Mukhtar Latif dkk, , 2013, “Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. FKIP-BK Universitas Cendrawasih. https://media.Neliti.com/media/publication/117495-ID-peningkatan-kecerdasan-intrapersonalmela.pdf.

Muktiono Waspodo, 2012, “Pengembangan Profesional Berkerlanjutan Bagi Guru PAUD”. http://journal.unj.ac.id

Novan Ardy Wiyani, 2015, “Etika Profesi Keguruan, Yogyakarta: Gava Media.

Novi Mulyani, 2016, “Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia”, Yogyakarta: DIVA Press.

Rina Roudhotul Jannah, dkk., 2018,“Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelegences”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Septira Wulandari Alja, 2017, “Upaya meningkatkan kecerdasan intrapersonal melalui sosiodrama pada anak usia dini 5-6 tahun, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. http: // repository.uinsu.ac.id

Sugiyono, 2017, “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Bandung: Alfabeta.

Suyadi, 2010, “Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini”, Yogyakarta: PT Pustaka Insani Madani.

---------, 2014, “Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains”,Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yuliani Nurani Sujiono dan Bambang Sujiono, 2010, “Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak”, Jakarta: PT Indeks.

Zakaria Hanafi, 2012, “Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini”, Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E ISSN: 2723-5491

P ISSN: 2723-5483

___________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id