Upaya Pembentukan Karakter Peduli Sosial melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

  • Irawati Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Selvi Novitasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh Husen Arifin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract views: 670 , Untitled downloads: 1477

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Adanya pendidikan manusia dapat hidup dengan baik dalam masyarakat. Memasuki abad ke 21 ini dunia pendidikan beranjak pada pendidikan yang berbasis nilai dan karakter. Pembentukan karakter peduli sosial menjadi salah satu dari 18 pendidikan karakter yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Melalui pembelajaran IPS, pembentukan karakter peduli sosial tersebut dapat terlaksana karena pada dasarnya pembelajaran IPS merupakan cabang dari pengetahuan kehidupan manusia sehari-hari sehingga memiliki peran dalam membentuk serta mengembangkan karakter peserta didik untuk keberlangsungan hidup di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembentukan karakter peduli sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang dalam pengumpulan datanya menggunakan bahan-bahan kepustakaan, peneliti mengumpulkan data dari buku, artikel, ataupun jurnal terdahulu. Hasil pada penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran IPS dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik khususnya pada tingkat sekolah dasar.

Author Biographies

Irawati Nuraeni, Universitas Pendidikan Indonesia
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Cibiru
Selvi Novitasari, Universitas Pendidikan Indonesia
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Cibiru
Muh Husen Arifin, Universitas Pendidikan Indonesia
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
Tin Rustini, Universitas Pendidikan Indonesia
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia

References

Adnyana, Komang Surya. “Peran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pembentukan Karakter.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020).

Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Pedagogia 1, no. 1 (2011).

Arif, Muhamad, Jesica Dwi Rahmayanti, and Fitri Diah Rahmawati. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802.

Barsihanor, and H. Abdul Hafiz. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan IPS MI/SD Terhadap Pembentukan Karakter Peduli Sosial Mahasiswa PGMI UNISKA MAB Banjarmasin.” JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education 2, no. 1 (2018): 97–118.

Fauzi, Achmad Ryan, Zainuddin, and Rosyid Al Atok. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 2, no. 2 (2017): 27–36.

Huriyah. “Menumbuhkan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Siswa SD Home Schooling Primagama Banjarmasin.” Al-Adzka 9, no. 2 (2019).

Isnaeni, Yuni, and Tutuk Ningsih. “Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP) 5, no. 3 (2021): 662–72. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255.

Marhayani, Dina Anika. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Edunomic 5, no. 2 (2017).

Parni. “Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara 3, no. 2 (2020).

Rahmi, Agnia, Tin Rustini, and Yona Wahyuningsih. “Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021).

Salma, Dhias, Hanny Nur Alifia, Muh. Husen Arifin, and Tuti Istianti. “Internalisasi Keberagaman Budaya Dengan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2021).

Setyowati, Eva Astriani. “Peran Sekolah Dalam Pembiasaan Nilai Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan.” Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 2 (2021): 55–61.

Towaf, Siti Malikhah. “Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 1 (2014).

PlumX Metrics

Published
2022-03-31
Section
Articles