Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat 01 Ponorogo

Authors

  • Gya Sandra Levia Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Hanin Nurlailatur Rohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Julia Afifatur Rohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Kristiana Risqi Rohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Abstrak:

Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salah satu hal penting dalam menilai kematangan kognitif, sosial, dan emosional. Tujuan penelitian ini membahas perkembangan bahasa anak usia dini di TK Muslimat 01 Ponorogo serta mengidentifikasi pola pengajaran, kendala, dan faktor-faktor lingkungan yang memengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, wawancara dengan kepala sekolah dan analisis tematik sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak sebagian besar sesuai dengan tahapan usia mereka, didukung oleh metode pembelajaran seperti bercakap-cakap, mendongeng, dan bermain peran. Lingkungan sosial, media pembelajaran, serta kebiasaan di rumah turut berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak. Kendala yang dihadapi meliputi penggunaan bahasa yang tidak sopan dari lingkungan dan pengaruh gadget yang tidak terkontrol. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dalam merancang program pembelajaran bahasa yang efektif dan mendukung perkembangan anak secara optimal.

Kata Kunci

Perkembangan, Bahasa, Anak, Lingkungan Sosial

Abstract: 

Early childhood language development is important in assessing cognitive, social and emotional maturity. The purpose of this study is to discuss early childhood language development at Muslimat 01 Ponorogo Kindergarten and identify teaching patterns, constraints, and influencing environmental factors. This study used descriptive qualitative methods, interviews with the principal and thematic analysis as its data collection techniques. The results show that children’s language development is mostly in accordance with their age stages, supported by learning methods such as conversing, storytelling, and role-playing. The social environment, learning media, and habits at home also influence children’s language skills. Obstacles faced include the use of impolite language from the environment and the influence of uncontrolled gadgets. It is hoped that the results of this study can serve as a reference for educational institutions in designing effective language learning programs that support optimal child development.

Keywords

Development, Language, Children, Social environment

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Levia, G. S., Rohmah, H. N., Rohmah, J. A., & Rohmah, K. R. (2025). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat 01 Ponorogo. Dialektika: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 94–104. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/dialektika/article/view/10254

Issue

Section

Articles