Memahami Budaya dan Konteks Lokal dalam Sistem Pendidikan di Asia (Cina, India, dan Korea Selatan)

  • alfia nuur latifa tuzzahroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 107 , PDF downloads: 95

Abstract

System pendidikan sebagai suatu konsep yang berperan penting dalam dunia pendidikan khususnya di asia.  Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan  system pendidikan di tiga negara Kawasan asia di antara tiga egara tersebut adalah cina,india, dan korea selatan. Kajian ini menggunakan kajian literatur dari sumber buku dan artikel jurnal. Dari hasil analisis ini melihatkan bahwa system pendidikan cina  meliputi: basic education (pendidikan dasar), technical and vactional education (pendidikan teknik dan kejuruan), higher education (Pendidikan tinggi) dan adult education (Pendidikan orang dewasa). system pendidikan India yaitu dengan menerapkan kebijakan sekolah gratis selama 10 tahun dan pelarangan terhadap buruh anak-anak. Sedangkan system pendidikan Korea Selatan lebih memfokuskan tujuan pendidikannya untuk menanamkan kepada setiap orang rasa identitas nasional dan penghargaan terhadap kedaulatan nasional (menyempurnakan kepribadian setiap warga negara, mengembangkan cita-cita persudaraan yang universal, mengembangkan kemampuan untuk hidup mandiri dan berbuat untuk negara yang demokratis dan kemakmuran seluruh umat manusia, dan menanamkan sikap patereotisme).

PlumX Metrics

Published
2024-06-24
How to Cite
latifa tuzzahroh, alfia nuur. (2024). Memahami Budaya dan Konteks Lokal dalam Sistem Pendidikan di Asia (Cina, India, dan Korea Selatan). Dialektika: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 18-25. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/dialektika/article/view/6696
Section
Articles