Novel Mata di Tanah Melus: Analisis Nilai Pendidikan Karakter

  • Berlian Pancarrani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 56 , PDF downloads: 187
PDF downloads: 37

Abstract

Abstrak: Penanaman pendidikan karakter pada ranah pendidikan formal dapat dimulai dari jenjang sekolah dasar. Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan media yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya, salah satunya novel Mata di Tanah Melus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Mata di Tanah Melus. Penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini adalah kutipan dialog dan narasi novel dengan sumber data novel Mata di Tanah Melus. Penelitian yang dilaksanakan menunjukkan hasil ditemukan tiga nilai pendidikan karakter dalam novel Mata di Tanah Melus, yaitu   religius, jujur, dan kerja keras.

Abstract:Character education had learned by the student since the elementary school level in formal education. Character education can be learned by using media that have character education values. One of the learning media is the novel and one of the Indonesian novel that has character education contain is Mata di Tanah Melus. This study aims to describe the value of character education in the novel of Mata di Tanah Melus. This research used qualitative research method. The source of data in this study was the dialogs and narations, namely the novel of Mata di Tanah Melus.  The result of the study shows three values of character education, namely  religious, honest, and work hard. 

Abstract:Character education had learned by the student since the elementary school level in formal education. Character education can be learned by using media that have character education values. One of the learning media is the novel and one of the Indonesian novel that has character education contain is Mata di Tanah Melus. This study aims to describe the value of character education in the novel of Mata di Tanah Melus. This research used qualitative research method. The source of data in this study was the dialogs and narations, namely the novel of Mata di Tanah Melus.  The result of the study shows three values of character education, namely  religious, honest, and work hard.

Mata di Tanah Melus novel, Character Education of Elementary School Children, Learning Media of Character Education.

 

References

Adi, I. R. (2011). Fiksi Populer Teori Dan Metode Kajian. Pustaka Pelajar.

Azal, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia (Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar Dan Kemajuan Bangsa). Ar-Ruzz Media.

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 5(1), 6–14.

Esmael, D. A., & Nafiah. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.

Hakiem, A. A. F. El. (2017). Model Peningkatan Pola Kerja Keras Melalui Religiosity, Motivasi Intrinsik, dan Motivasi Ekstrinsik (Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 136–148.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran pada Anak dalam Keluarga. Jurnal FamilyEdu, III(1), 35–45.

Kholilah, Pratiwi, M. R., Wahyuni, S., Yolviansyah, F., & Wicaksono, L. Y. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(1), 11–19.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Kata Pena.

Mahmudiyah, A., & Mulyadi. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. Zahra: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72.

Naim, N. (2017). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-Ruzz Media.

Novriyansah, A., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2017). Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 14–22.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (2nd ed.). Remaja Rosdakarya.

Suharyanto, E., & Yunus. (2020). Pendidikan Karakter yang Efektif di Era Milenial. CV. Adanu Abimata.

Sunardi, S. (2004). Semiotika Negativa (S. Djatmiko (ed.); 2nd ed.). Penerbit Buku Baik.

Zuhjirah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Tadrib, 1(1).

PlumX Metrics

Published
2023-07-25
Section
Articles