Guru Sebagai Pembimbing dalam Usaha Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan, Madiun

  • Farida Yufarlina Rosita IAIN Ponorogo
Abstract views: 86 , PDF downloads: 48

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam rangka menumbuhkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menumbuhkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN Grobogan 02, guru melakukan bimbingan kepada siswa menggunakan media kartu kata dan bimbingan berupa pengembangan diri, melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara guru memberikan tantangan pada siswa untuk membaca teks di depan kelas, memaknai kegiatan belajar guru mengupayakan agar pembelajaran mudah dimengerti siswa dengan menggunakan media nyata, melakukan penilaian kepada siswa dengan cara meminta siswa untuk maju ke depan kelas membacakan teks bacaan yang tersedia di LKS, membimbing siswa yang kemampuan membacanya kurang dengan cara memberi perhatian khusus agar siswa duduk di depan guru.

 

Abstract

This study aims to describe the teacher's task as a mentor to develop the reading skills of grade 1 students at SDN Grobogan 02 Jiwan, Madiun. This study uses a qualitative approach with a case study type of research. This research was conducted at SDN Grobogan 02 Jiwan, Madiun. The results showed that in order to foster the reading skills, the teacher provided guidance to students using flash card media and guidance in the form of self-development, involving students in learning by means of which the teacher challenged students to read texts in front of the class, interpret teacher learning activities seek to make learning easy for students to understand using real media, conduct assessments of students by asking students to come to the front of the class to read the reading texts available in LKS, guiding students with poor reading ability by paying special attention so that students sit in front of the teacher.

 

References

Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center.

Fauziyah, H. (2018). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis permulaan Siswa Kelas I MI. Jurnal Elementary, 4(2), 173–184. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1241

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 116–127. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/218/201

Kamilah, I. (2021). Peran guru dan Orang tua dalam Meningkatkan kemampuan Calistung Siswa Kelas 1. IAIN Ponorogo.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di SD dan MI. Ar-Riayah (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(1), 81–98. http://repository.iaincurup.ac.id

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena, IV(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/fj.v4i1.279

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru yang Profesional. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. CV. Pustaka Setia.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Metode Read A Loud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8193

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/download/515/425/

Zumaroh, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Kartu Kata pada Anak Kelompok A PAUD Bunga Mulia Branggahan Kecamatan Ngadiluwuh Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 [Universitas PGRI Kediri]. http://simki.unpkediri.ac.id

PlumX Metrics

Published
2024-07-05
How to Cite
Rosita, F. Y. (2024). Guru Sebagai Pembimbing dalam Usaha Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan, Madiun. Dialektika: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 34-40. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/dialektika/article/view/7028
Section
Articles