FAKTOR PENENTU PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Pasca Peralihan Tugas Pengawasan Perbankan dari BI ke OJK)

  • Fitra Rizal
Abstract views: 633 , PDF downloads: 495
Keywords: capital adequacy ratio, operational expenses to operational revenue, inflasi, return on asset, bank umum syariah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penentu profitabilitas pada Bank Umum Syariah setelah pengalihan tugas pengawasan perbankan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi yang digunakan telah lulus uji asumsi klasik.Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial, hanya variabel Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional yang mempengaruhi Pengembalian Aset Bank Umum Syariah di Indonesia untuk Periode 2015-2018, sedangkan variabel Rasio Kecukupan Modal dan Inflasi tidak mempengaruhi Pengembalian Aset Bank Umum Syariah di Indonesia untuk periode 2015-2018. Dan secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap Pengembalian Aset Bank Umum Syariah di Indonesia untuk Periode 2015-201 8 .

 

الملخص: تم إجراء هذا البحث لتحديد محددات ربحية البنك الاسلامي التجاري بعد انتقال مهام الإشراف المصرفي من بنك إندونسيا إلى هيئة الخدمات المالية البيانات المستخدمة في هذه الدراسة هي بيانات ثانوية تم الحصول عليها من إحصاءات المصرفية الإسلامية التي نشرتها هيئة الخدمات المالية وبنك أندونيسيا. الطريقة التحليلية المستخدمة هي الانحدار الخطي المتعدد باستخدام اختبار الافتراض الكلاسيكي أولاً. توضح نتائج التحليل أن معادلة الانحدار المستخدمة اجتازت اختبار الافتراض الكلاسيكي. تثبت هذه الدراسة أن جزئية،المصروفات التشغيلية لمتغير الإيرادات التشغيلية التي تؤثر على العائد على موجودات البنوك التجارية الإسلامية في إندونيسيا للفترة 2015-2018 ، أن متغير نسبة كفاية رأس المال والتضخم لا يؤثر على العائد على الأصول البنوك الإسلامية في إندونيسيا فترة 2015-2018.في وقت واحد, المتغيرات الثلاثة العائد على الأصول تأثير المصارف الإسلامية في إندونيسيا فترة 2015-2018

Abtrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penentu profitabilitas Bank Umum Syariah pasca peralihan tugas pengawasan perbankan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi yang digunakan telah lolos uji asumsi klasik. Parsial, hanya variabel Biaya Operasional t o Pendapatan Operasional yang berpengaruh terhadap Pengembalian Aset Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 201 5 -201 8 , sementara variabel Rasio Kecukupan Modal dan Inflasi tidak berkaitan dengan Pengembalian Aset Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 201 5 -201 8 . Dan Beroperasi simultan Ketiga variabel tersebut Berpengaruh Terhadap Return on Asset Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 201 5 -201 8.

References

Al-Jufri. Oemar, Fahmi. Zaharman. “Pengaruh Tingkat Kesehatan Keuangan Terhadap Penyaluran Kredit Pada PT. BPR Cempaka Mitra Nagori Kuansing di Taluk Kuatan”, Jurnal: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, vol. 12, No. 2, 2015.

Astutik, Puji “Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Menurut Risk Based Bank Rating Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia)”,Jurnal: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Christiano, Mario. Tommy, Parengkuan. dan Saerang, Ivonne.“Analisis Terhadap Rasio-Rasio Keuangan Untuk Mengukur Profitabilitas Pada Bank-Bank Swasta Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal: Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, Vol. 2, No. 4, 2014

Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005.

Firmansyah, Irman.”Determinant Of Non Performing Loan: The Case Of Islamic Bank In Indonesia”, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Bank Indonesia, Vol.17, No.2, 2014.

Ghazali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Greuning, Hennie Van dan Iqbal, Zamir. Risk Analisis For Islamic Bank. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Hanafi, Mamduh M. dan Halim, Abdur. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2014

Hermanto dan Saptuningsih,Endah. Electronic Data Processing SPSS 10 dan Eviews 3.0. Yogyakarta:UPFe UMY, 2002.

http://www.bi.go.id.

http://www.bps.go.id.

http://www.ojk.go.id.

Ismail, Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010.

Karim, Adiwarman A. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Karim, Adiwarman A. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Muh. Sabir dkk, “Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Dan Bank Konvensional Di Indonesia” Jurnal: Jurnal Analisis, ISSN 2303-1001, Vol. 1, No. 1, 2012.

Musjtari, Dewi Nurul dan Fitrianti, Fadia. Hukum Perbankan Syariah dan Takaful (Dalam Teori dan Praktek). Yogyakarta: Lab. Hukum UMY. 2010.

Nopirin. Ekonomi Moneter. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2009.

Peraturan Bank Indonesia(PBI) Nomor. 9/17/PBI/2007 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat Berdasarkan Prinsip Syariah.

Rahmawati, Fajarwati dan Fauziyah, Statistika Teori dan Praktek, 2Statistika Teori dan Praktek. Yogyakarta: Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2014.

Rizal, Fitra. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Finance Dan Operational Efficiency Ratio Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.” Muslim Heritage 1, no. 1 (2016): 179–96. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i1.501.

________. “Analisis Pengaruh Makroekonomi Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2005-2013”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2014.

Sahara, Ayu Yunita. “Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Bi Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Return On Asset Bank Syariah di Indonesia”. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1, No. 1, 2013.

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

SEBI Nomor.9/29/DPbS/2007 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan BankPerkreditan Rakyat Berdasarkan Prinsip Syariah.

SEOJK Nomor 10/SEOJK.03/2014 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah.

Statistik Perbankan Syariah, 2015-2018.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukirno, Sadono. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK)Nomor 10/SEOJK.03/2014 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Tambunan, Tulus T.H. Perekonomian Indonesia Kajian Teoritis dan Analisis Empiris. Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.

Umam, Khaerul. Manajemen Perbankan Syariah (Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Umiyati dan Ana, Leni Tantri. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Devisa Di Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 5. No.1, April, 2017.

Undang-undang Nomor 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

PlumX Metrics

Published
2018-06-20
Section
Articles