Optimalisasi Peran Filantropi Islam Aksi Cepat Tanggap dalam Upaya Mengatasi Krisis Ekonomi di Era Pandemi Covid-19

  • Wadzifatul Janah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 546 , PDF downloads: 618
Optimalisasi Peran Filantropi Islam Aksi Cepat Tanggap dalam Upaya Mengatasi Krisis Ekonomi di Era Pandemi Covid-19 downloads: 0
Keywords: Optimization, Islamic Philanthropy, Economic Crisis, Covid-19

Abstract

This study aims to determine the efforts and strategies of the Islamic philanthropic institution Aksi Cepat Tanggap (ACT) in overcoming the economic crisis in the current Covid-19 pandemic era. By optimizing the existing potential of ZISWAF to overcome problems of the ummah and humanity. Producing zakat and waqf assets, socializing the real ZISWAF, and collaborating with all existing philanthropic-based non-profit organizations. The research method used is qualitative descriptive, this research is a qualitative research with a type of case study (case study).

References

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Delfiyando, Risky. 2019. “Peranan Lembaga Filantropi Islam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Lembaga Filantropi di Metro Pusat Kota Metro)”. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro).

Elizabeth, Roosganda. 2017. “Akselerasi Pemerdayaan dan Peningkatan Kompetensi dalam Sistem Produksi untuk Mengatasi Permasalahan Ekonomi di Indonesia”. (UNES Journal of Scientech Research). Vol. 2. No. 1. Bogor.

Muharani, Zulita. 2014. “Optimalisasi Peranan Badan Pembinaan Keagamaan (BPK) sebagai Badan Pembinaan Keagamaan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial”. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Riau).

Nuraeni, Irma. 2018. “Pemberdayaan Potensi Sosial Masyarakat Muslim Melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bandung”. (Jurnal Anida Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah). Vol. 18, Nomor 1: Bandung.

Nurkholis. 2013. “Potret Filantropi Islam”. (Jurnal Ekonomi Islam) Vol.3. No 1.

Yuliana, Rahma. 2013. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Semarang”. (Jurnal STIE Semarang). 2.

Rusydiana, Aam Slamet. 2013. “Krisis Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Islam Pemberdayaan Ekonomi Umat dari Perspektif Islam”. (Jurnal Multikultural & Multireligius). Vol. 12. No. 2. Bogor.

Sari, Khairunnisa Permata. 2017. “Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam Mensosialisasikan Program Kapal Kemanusiaan Melalui Media Sosial”. (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

https:news.act.id.berita/upaya-solidaritas-dan-filantropi-tekan-dampak-pandemi- diakses pada tanggal 3 Desember 2020, pukul 22:30 WIB.

https://act.id/tentang/sejarah- diakses pada tanggal 3 Desember 2020, pukul 17:55 WIB.

https://news.act.id/berita/filantropi-islam-solusi-pengentasan-kemiskinan diakses pada tanggal 12 Desember pukul 11.48 WIB.

https://news.act.id/berita/lima-respons-act-dalam-menangani-dampak-covid-19-di-indonesia diakses pada tanggal 13 Desember pukul 11.34 WIB.

https://www.voaindonesia.com/a/kuartal-iii-2020-ekonomi-indonesia-masuk-resesi/5649528 di akses pada tanggal 31 Desember 2020 pukul 16:20 WIB.

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/114/4/BAB%20III.pdf diakses pada tanggal 31 Desember 2020 pukul 18:30 WIB.

PlumX Metrics

Published
2021-12-10