Efektivitas Program Ternak Kambing Bergulir di UPZIS NU Care LAZISNU Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

  • Citra Nur Wahyunita IAIN Ponorogo
  • Faruq Ahmad Futaqi IAIN Ponorogo
Abstract views: 354 , XML downloads: 396
Keywords: LAZISNU, Pemberdayaan, Ternak Kambing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program ternak kambing bergulir di UPZIS NU Care LAZISNU Mrican. Dengan memanfaatkan dana zakat, harapan dari adanya program ini yaitu untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa, salah satunya para mustahiq yang mendapatkan bantuan dalam program ternak kambing bergulir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif induktif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program ternak kambing bergulir dapat dikatakan cukup efektif karena sudah menerapkan variabel pengukuran efektivitas berupa ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Faktor penghambat pelaksanaan program yang paling utama pada masalah pemeliharaan kambing. Dampak efektivitas dari program ternak kambing bergulir terhadap mustahik menunjukan bahwa dampak yang diberikan dapat dikatakan cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya 6 kambing yang diberikan ke mustahiq ada dua yang beranak, sat bunting, dua majer (mandul) dan satu mati. Dampak yang diberikan juga tidak terlalu signifikan berpengaruh terhadap pendapatan sehari-hari. Namun, dari adanya program tersebut, para mustahik memiliki investasi atau tabungan yang bisa mereka gunakan ketika ada kebutuhan yang begitu mendesak.

References

Jurnal

Auliyah, Robiatul. (2014). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. Jurnal Studi Manajemen. 8 (1),77.

Abidah, Atik. (2010). Pengelolaan Zakat Oleh Negara dan Swasta Studi Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Zakat Oleh BAZ dan LAZ Kota Madiun. KODIFIKASIA Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-Budaya. 4 (1).

Arif Eko Wahyudi Arfianto dan Ahmad Riyadh U. Balahmar. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Desa. Jurnal JKMP. 2 (1), 56-57.

Bahjatulloh, Qi Mangku. (2016). Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kegiatan Filantropi (Studi Kasus Lembaga Tazakka DIII Perbankan Syariah IAIN Salatiga). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 10 (2), 483.

Dianti, Dania Ulfah. Pengelolaan Biaya Operasional LAZNAS Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. 5 (8), 634.

Hartatik, Emi. (2015). Analisis Praktik Pendistribusian Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang. Jurnal Az Zarqa’. 7 (1), 31.

Khadafi, Mutiarin. (2017). Efektivitas Program Bantuan Keuangan Khusus Dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Journal of Governance and Public Policy. 4 (2).

Rifa’i, Bachtiar. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan Dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (1), 132.

Sanusi, Makhda Intan. (2021). Skala Prioritas Penentuan Mustahiq Zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ummat Sejahtera Ponorogo. Lisyabab Jurnal Studi Islam dan Sosial. 2 (1), 106.

Skripsi

Sari, Cindy Vatika. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Mappadeceng di Dinas Sosial Kabupaten Soppeng (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makasar).

Wulandari, Annisa Hartiwi. Strategi Pendayagunaan Dana Zakat Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Rumah Zakat) (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta).

Buku

Albi Anggito dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Furqon, Ahmad. (2015). Manajemen Zakat. Semarang: Walisongo Press.

Hamid, Hendrawati. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Hardiyanto. Manfaat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terhadap Peningkatan Kinerja Penganggaran KANWIL Kementrian Agama Provinsi Jambi. Jambi: KANWIL Kemenag Jambi.

Indrawijaya. (2010). Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Moleong. Lexy. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pangiuk, Ambok. (2020). Pengelolaan Zakat di Indonesia. Nusa Tenggara Barat: FP. Aswaja.

Risya, Subki. (2009). Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan. Jakarta: PP. Lazis NU.

Sumoharjodiningrat, Gunawan. (1997). Pembangunan Daerah dan Pembangunan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwisata.

UU (Undang-Undang/legislasi)

Pengelolaan Zakat dalam Undang-Undang Zakat 2011. (2022, 30 Maret). Diperoleh dari https://jatim.kemenag.go.id/file/file/Undangundang/bosd1397464066.pdf

PlumX Metrics

Published
2022-06-19