STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM KIJEN STAR REOG PONOROGO

Abstract views: 240 , PDF downloads: 229
Keywords: Kata kunci, Strategi, Pengembangan Usaha, Pendapatan.

Abstract

Abstrak: Dalam mengembangkan usaha yang perlu diperhatikan adalah strategi khusus apa yang digunakan dalam mengembangkan usaha. Jika ditinjau dari jenis pengembagannya, maka bisa dibagi menjadi beberapa strategi, yaitu: mengembangkan pasar dari sisi produknya, mengembangkan pasar dari sistem penjualan, mengembangkan sistem jaringan pemasaran dengan pihak lain, mengembangkan pasar dengan menggabungkan bisnis dalam satu industri, dan mengembangkan pasar dengan sinergisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan usaha yang dilakukan UMKM Kijen Star Reog Ponorogo. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Hasil penelitian ini ialah penerapan strategi pengembangan usaha pabrik pakan kelinci Kijen Star Reog Ponorogo yang sudah diterapkan dengan baik adalah strategi integrasi atau penyatuan dan strategi sinergisme. Usaha tersebut sudah bekerjasama dengan pihak pihak terkait dengan tujuan menunjang kesuksesan bersama. Selain itu strategi mengembangkan pasar dari sisi produknya dan mengembangkan pasar dari sisi penjualannya belum sempurna dan baik. Selain itu, faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan usaha pakan kelinci Kijen Star Reog Ponorogo diantaranya faktor pendukung dalam mengembangkan usaha ialah mempunyai sumber daya manusia yang bagus, melakukan perencanaan yang baik, faktor organisasi yang baik, faktor pengelolaan usaha yang baik, dan penjualan hasil produksi yang sempurna. Selain itu, faktor penghambat dalam mengembangan usaha ialah tidak membuat perencanaan secara tertulis, penentuan lokasi yang tidak tepat, tidak melakukan riset dan analisa pasar, dan tidak mempunyai sikap kreatif dan tidak memiliki inovasi terhadap produknya.Kata kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Pendapatan. 

Author Biography

Ahmad zainur Rozikin Sukardi, Institut agama islam negeri
Mahasiswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Wawancara, 2 Mei 2022.

Damanuri. Aji, Metodologi Penelitian Muamalah (Ponorogo: STAIN PO PRESS, 2010)

Amir, Wawancara, 3 Mei 2022.

Boyd, Walker dan Larreche,Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global, Edisi Keduan Jilid Satu (Jakarta: Erlangga, 2000).

Widiasri. Dian, “Strategi pengembangan usaha home industry rumah lidi desa Karang Tengah Cilongok Banyumas”, skripsi (Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Lampung), 2020.

Prasetyo. Eko,Observasi, 15 Mei 2022.

Faisal, Wawancara, 2 Mei 2022.

George A. Steiner, Jhon B. Miner, Kebijakan dan Strategi Manajemen (Jakarta: Erlangga, 1997).

Hamid. Susilo, Jurnal, “judul strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi daerah istimewa Yogyakarta, 2011.

Malinda. Helen.“Analisis strategi pengembangan bisnis ukm guna meningkatkan pendapatan karyawan menurut persfektif ekonomi islam pada usaha bakso ikan Cahya bahari Desa Linggar jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung selatan”, Skripsi (Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung”, 2017.

Hendrik, Wawancara, 2 Mei 2022.

Hendro, Dasar-dasar Kewirausahaan (Jakarta: Airlangga, 2019).

Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2015).

Gunawan. Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Jakarta: Bumi Aksara, 2016).

Fauzi. Iqbal, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada UD. Genteng Pres Super Soka Masinal Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumus), (Skripsi FEBI IAIN Purwokerto, Purwokerto, 2018),

Kasmir, Kewirausahaan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-11, (Bandung: REMAJA ROSDAKARYA, 2000).

M. Fuad, dkk, Pengantar Bisnis, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009).

Chamim Thohari. Mahfudillah ,“strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi daerah istimewa Yogyakarta”, skripsi (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2021).

Nitisusantro. Mulyadi, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil (Bandung: Alfabeta, 2010).

Sridewi. Novia, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Rumah Makan Sukma Rasa Labuapi Kabupaten Lombok Barat, skripsi(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Mataram), 2020

Anoraga. Panji, Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis Dalam Era-Globalisasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011).

Priyo, Wawancara, 3 Mei 2022.

Setyosari. Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Jakarta: Kencana, 2012).

Sukiman, Pengembangan Media Pembeajaran, (Yogyakarta: Pedagogia, 2012).

PlumX Metrics

Published
2023-05-25
Section
Articles