Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada UMKM Kopi Kare Kabupaten Madiun

  • Dyah Ayu Valentina Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 126 , PDF downloads: 72
Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada UMKM Kopi Kare Kabupaten Madiun downloads: 0
Keywords: Strategi Pemasaran Syariah dan Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Strategi Pemasaran Syariah yang ada pada UMKM Kopi Kare. Strategi Pemasaran Syariah tersebut untuk memudahkan pemilik usaha dalam menerapkan penjualannya dalam bidang Syariah.Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan(field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dengan melalui dua tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.

Hasil penelitian menunjukan dalam menerapkan strategi pemasaran syariah Kopi Kare telah melakukan karakter dan prinsip pemasaran syariah yaitu salah satunya adalah pemasaran tidak ada unsur memaksa untuk membeli produk dari Kopi Kare. Strenght pada Kopi Kare adalah sertifikasi halal dan Standar Nasonal Indonesia yang sesuai dengan pemasaran syariah pada weakness adalah belum menutup tokonya ketika memasuki waktu shalat serta masa kadaluarsa produk yang sebentar. Opportunity adalah dimana peminat Kopi Kare ini banyak dengan cita rasa khas dari Kopi Kare serta threat adalah adanya produk subtitusi di sekitar toko Kopi Kare ini sendiri menjadi suatu ancaman yang besar. Dari hasil analisis SWOT menggunakan matriks SWOT telah ditemukan bahwa strategi yang paling baik adalah S-O dimana kekuatannya adalah pada labelisasi halal

References

Mukhtar Galib “Analisis Strategi Pemasaran di Makasar (Studi Kasus PT. Bumi Indah Bosoa) Jurnal Economic, 2012.

Qory Prastiwi, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Pabrik Roti Alfaris Bakery Medan”, Skripsi Universitas Sumatera Utara Medan, 2019.

PlumX Metrics

Published
2023-05-25
Section
Articles