PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ISLAMIC BRANDING DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINASSHOFA CELLULAR PONOROGO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Taufik Qurohman Sunawan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
Abstract views: 106 , PDF downloads: 103
Keywords: kualitas pelayanan, Islamic branding, harga, loyalitas pelanggan, kepuasan

Abstract

Minasshofa Cellular merupakan usaha konter yang bermain pada penjualan grosir dan ecer yang menjual berbagai produk pulsa, paket internet, dan aksesoris gadget yang berlokasi di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Dalam kasus di lapangan terdapat hal yang bisa diamati yakni ada selisih antara teori dan yang sebenarnya terjadi pada tidak signifikannya pengaruh variabel kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan, Islamic branding, dan harga terhadap loyalitas pelanggan, (2) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Islamic branding, dan harga terhadap kepuasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kuantitatif dengan jenis data yaitu primer yang didapatkan dari angket/kuisioner dan wawancara. Kemudian data dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas, uji deskriptif, dan uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi (R2 ). Adapun hasil penelitian adalah (1) variabel kualitas pelayanan dan harga secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan tingkat signifikansi variabel kualitas pelayanan (X1) 0,000 < 0,05, tingkat signifikansi variabel harga (X3) 0,000 < 0,05, sedangkan variabel Islamic branding (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Y dengan tingkat signifikansi 0,582 > 0,05. (2) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 74.44% sisanya 25.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : kualitas pelayanan, Islamic branding, harga, loyalitas pelanggan, kepuasan

Author Biography

Taufik Qurohman Sunawan, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

References

Baker, Ahmad. “On Islamic Branding: Brands as Good Deeds.” Journal of Islamic, Mark 1, No. 2, 2010: 101-106.

Fardiani, Aprilia Nia. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Cafe Pandanaran Semarang.” Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013: 45.

Fithrati, Najwa. “Pengaruh Islamic Service Quality dan Islamic Branding terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia).” Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2017: 42.

Hakim, Yusuf Luqman. Wawancara. 21 April 2021.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. Dasar-Dasar Marketing, Jilid 1, Edisi Ketujuh, Terjemahan Imam Nurawan. Jakarta: PT. Prehallindo, 2004.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Miskan, Syahbuddin. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan kepuasan dan Kepercayaan sebagai variabel Intervening (Studi pada Wisatawan Pantai Lariti Kabupaten Bima).” Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019: 6.

Palma, Marisa Arnindita dan Anik Lestari Andjarwati. “Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening,” Journal of Research in Economics and Management, Volume 16, Nomor 1, 2016: 87.

Priansa, Donni Juni. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Purnamasari, Yulia. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fasion Online di Singaraja Tahun 2015.” Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JIP), Volume 5, Nomor 1, 2015: 3.

Setyaningrum, Ari. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Siregas, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilegasi dengan Perbandingan Perhintungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana, 2017.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2016.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

---------. Seri Manajemen Merk 01 – Manajemen dan Strategi Merk. Yogyakarta: Andi, 2011.

---------. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi, 2008.

Widarjono, Agus. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2017.

Widyaningrum, Retno. Statistika. Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2015.

Widyawati, Eva. “Analisis Pengaruh Islamic Branding dan Kualitas Pelayanan terhadap Pelanggan pada PT Mina Wisata Islami Surabaya.” Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2019: 6.

Yunus, Nor Sara Nadia Muhammad, Wand Edura Wan Rashid, Norafifa Mohd Ariffin, dan Norhidayah Mohd Rashid. “Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s:Halal Packaged Food Manufacturer.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 130, 2014: 145 – 154.

PlumX Metrics

Published
2023-06-20
Section
Articles