ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK BERKAH MOJO

Abstract views: 117 , PDF downloads: 85
Keywords: Analisis SWOT, Strategi, Pengembangan Usaha.

Abstract

Banyaknya pertumbuhan sektor industri mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Tidak sedikit perusahaan yang mengalami kegagalan atau gulung tikar akibat tidak adanya perencanaan dalam proses pengembangan usaha, khususnya dalam industri batik yang masih kental dengan warisan budaya bangsa. Salah satunya adalah UMKM Batik Berkah Mojo yang merupakan usaha pengrajin batik yang menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan dengan mempunyai ciri khas yaitu motif Jombangan yang menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Jombang. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis  strategi pengembangan usaha batik Berkah Mojo menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Batik Berkah Mojo tersebut merespon diketahui setelah menggunakan kekuatan dengan peluang dan strategi SO, maka diperoleh untuk meningkatkan mutu produk dan meningkatkan promosi. Dan pada strategi ST diperoleh hasil meningkatkan minat wirausaha batik dan meningkatkan meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat akan produk batik. Begitu pula dengan strategi WO diperoleh hasil untuk meningkatkan skala usaha serta perlu diadakan usaha-usaha untuk mengembangkan kualitas SDM. dan terakhir yaitu strategi WT dapat diperoleh hasil untuk meningkatkan kerjasama antar pengusaha/ pengrajin batik serta meciptakan dan meningkatkan inovasi-inovasi baru motif batik serta dapat menciptakan branding

Author Biography

AHMAD FATTAH NURROZAQKUL, IAIN PONOROGO
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO

References

Abd. Rahman Rahim, Enny Radjab. Manajemen Strategi. Makasar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makasar, 2017.

Andriani, D. P., Setiaji, U., & Habriantama, M. Optimasi Parameter Ketahanan Luntur Batik Terhadap Keringat Dengan Desain Eksperimen. Dinamika Kerajinan dan Batik : Majalah Ilmiah.2019.

Hendro, Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Airlangga, 2019.

Istiqomah & Irsad Andriyanto. Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Kudus : Jurnal Bisnis dan manajemen Islam Vol. 5, No. 2. 2017.

Johan Arifin, Etika Bisnis Islam, Semarang, Walisongo Press, 2009.

M. Arifin. Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Mulyadi Nitisusantro, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Bandung: Alfabeta, 2010,

Nusa Amin, Wawancara, 28 Januari 2023.

Robi Setyawan, Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta, Yogyakarta: 2015.

R.A.De.Rozarie, Manajemen Pengembangan Bisnis : (Pengembangan Empirik pada “Tibo-Tibo” Perempuan Nelayan), Manado : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia, 2019.

Toni, wawancara 28 Januari 2023.

Paulus Wardoyo, 6 Alat Analisis Manajemen, Semarang : Semarang University Perss, 2011.

Wahyudiono, JFX. Sukiman S, dkk. Perekayasaan Sosial Model Pengelolaan Sentra UMKM Kawasan Wisata Religi di Jawa Timur. Surabaya : Narotama University Press. 2020.

PlumX Metrics

Published
2024-01-10