MODEL PENERAPAN KONTRAK BISNIS SYARIAH DALAM MANAJEMEN RISIKO BMT UGT SIDOGIRI

  • Mohammad Ghozali Unversitas Darussalam Gontor
  • Abdul Hafidz bin Zaid Universitas Darusalam Gontor
  • Badria Nur Lailina Ulfa Pascasarjana Universitas Darusalam Gontor
Abstract views: 944 , PDF downloads: 650
Keywords: Model Penerapan, Kontrak Bisnis Syariah, Manajemen Risiko

Abstract

KSPPS BMT UGT Sidogiri adalah  salah satu BMT terbesar di Indonesia dengan banyak jaringan kantor cabang yang tersebar di Indonesia. BMT UGT Sidogiri memilikikinerja keuangan bagus dan terbaik dilihat dari perkembangannya beberapa tahun terakhir.Dengan pembiayaan yang semakin besar dan meningkat, maa pihak BMT haruslah siap untuk menghadapi risiko-risiko dalam pembiayaan dan operasionalnya. Maka BMT UGT Sidogiri memerlukan adanya penerapan manajemen yang baiksehingga mampu mengurangi  risiko yang akan dihadapi dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak BMT. Penelitian ini merupakan kualitatif yang bersifat induktif. Pada penelitian ini maka permasalahan dibiarkan muncul untuk diinterpretasi. Data dikumpulkan dengan pengamatan, mencakup deskripsi dalam konteks mendetail yang  disertai catatan hasil pengamatan, wawancara, serta hasil analisis dokumen dan catatan. Teknik analisis menggunakan deskriptif analitis. Dengan hasil penelitian bahwa BMT UGT Sidogiri dalam menerapkan kontrak bisnis syariah menggunakan prinsip 5C dan 1S yaitu: 1) Character, 2) Capacity, 3) Capital, 4) Collateral, 5 Condition of Economic dan 6) Sharia. Penerapan prinsip tersebut dalam manajemen risiko digunakan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur yang berlaku, sehingga dapat menimialisir risiko yang terjadi dan juga dapat  membantu mengembangkan usaha masyarakat sekitar. [KSPPS BMT UGT Sidogiri is one of the largest BMT in Indonesia with many branch offices in Indonesia. The BMT UGT Sidogiri has good financial performance and best viewed from its development in recent years. With the increasing of financing, the BMT must be ready to deal with the risks that involved in the financing and operations. Therefore, BMT UGT Sidogiri requires the implementation of good management to reduce the risk that will be faced by any activities undertaken by the BMT. This research uses an inductive qualitative method. This research let the problems appear to be treated for interpretation. The data are collected by observations, including the descriptions in a detailed context with the transcript of observations, interviews, documents and record analysis results. The analytical technique that used is descriptive analytic. With the results of study that BMT UGT Sidogiri in implementing of Sharia business contracts using the principles of 5C and 1S as follow: 1) Character, 2) Capacity, 3) Capital, 4) Collateral, 5 Condition of Economic and 6) Sharia. The implementation of these principles in the risk of management is used in accordance with the operational standards of the applicable procedures, so to be able to improve the risks that occur and also can help to develop the community's livelihood.]

 

References

Abbas Arfan, Saifullah, dan Fakhruddin. “Implementasi Prinsip Bagi Hasil dan Manajemen Risiko dalam Produk-Produk Pembiayaan Perbankan Syariah di Kota Malang.” INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 10(1) (2016).

Asmirawati, dan Sumarlin. “Perilaku Moral Hazard Nasabah Pada Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah.” Jurnal Laa Maysir 5(1) (2018).

Batlajery, Samuel. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke.” Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial 7(2) (2016).

Bustami. “Manajemen Risiko Pembiayaan Dardhul Hasan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Baitul Qiradh Amanah Banda Aceh).” Jurnal Share 3(1) (2014).

Chaudry, Muhammad Sharif. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar. Diterjemahkan oleh Suherman Rosyidi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Hajar. “The Financing Risk Management Analysis of Natural Uncertainty Contracts (NUC): Study of PT. Bank Syariah Mandiri Area Office of Malang.” Journal ‘Anil Islam 10(1) (2017).

Juried. “Manajemen Risiko Bank Islam (Penanganan Pembiayaan Bermasalah Dalam Produk Pembiayaan Pada PT. Bank Muamalat Cabang Pembantu Penyambungan).” Journal Analytica Islamica 5(1) (2012).

K, Amirudin. “Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah Pada Kantor Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Investama Mega Bakti Makassar.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuanganan dan Perbankan Syariah 2(2) (2018).

Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka, 2014.

Kurnia, Riana Afliha Eka. “Manajemen Risiko Pembiayaan Untuk Mengantisipasi Kondisi Financial Distress Pada Bank Syariah.” Journal of Islamic Economic Lariba 3(2) (2017).

Maulana, Muhammad. “Jaminan Dalam Pembiayaan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia (Analisis Jaminan Pembiayaan Musyarakah Dan Mudarabah).” Jurnal Ilmiah Islam Futura 14(1) (2014).

Mukhlisin, Ahmad, dan Aan Suhendri. “Analisis Manajemen Risiko (Kajian Kritis Terhadap Perbankan Syariah di Era Kontemporer).” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 5(1) (2018).

Nisrina, Riska, Fathur Rahman, dan Dkk. “Pengukuran Risiko Pembiayaan Pada BMT Di Kota Tasikmalaya.” Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan 6(3) (2018).

Nurhayati, Erni. “Pelaksanaan Pengawasan Murabahah Sebagai Upaya Untuk Memimalkan Pembiayaan Bermasalah.” UIN Malang, 2010.

Pariyanti, Eka. “Analisis Pengendalian Resiko Pada Usaha Keripik Singkong.” Jurnal Manajemen Magister 3(1) (2017).

Pato, Saduldyn. “Analisis Pemberian Kredit Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado.” Jurnal EMBA 1(4) (2013).

Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9(1) (2016).

Setyowati, Novita Wahyu. “Pengaruh Lingkungan Eksternal Dan Lingkungan Internal Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Kecil Dan Menengah Di Bandung, Jawa Barat.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 5(1) (2015).

Sugana, Asep Dadan. “Mengurangi Tingkat Risiko Dengan Manajemen Islami.” Islamiconomic Jurnal Ekonomi Islam 6(2) (2015).

Sulistyaningsih, dan Barbara Gunawan. “Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Risk Management Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014).” Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Risk Management Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014), 2016.

Sumar’in. Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu, n.d.

Syamsuir. “LembagaKeuangan Islam Non Bank.” Jurnal Islamika 15(1) (2015).

Wibowo, Endro. “Manajemen Risiko Pembiayaan Murbahah di BMT Amanah Ummah.” Jurnal Al-Tijarah 1(2) (2015).

Wijayantini, Bayu. “Model Pendekatan Manajemen Risiko.” Jurnal Jeam 11(2) (2012).

Yasa, I W. Wedana, dan Dkk. “Manajemen Risiko Operasional Dan Pemeliharaan Tempat Pembuanagan Akhir (TPA Regional Bangli Di Kabupaten Bangli.” Jurnal Spektran 1(2) (2013).

Yudiana, Fetria Eka. “Manajemen Risiko dalam Prinsip Pembiayaan Mudharabah: Kajian Kontekstual Islam terhadap Risiko.” Jurnal Muqtashid 1(2) (2010).

Dokumen BMT UGT Sidogiri Standar Operasional dan Prosedur Tahun 2017

Dokumen Buku Panduan Rapat Anggota Tahunan KSPS BMT UGT Sidogiri Indonesia Tahun Buku 2017

Sejarah Berdirinya BMT UGT Sidogiri Pasuruan Jawa Timur (online) di https://www.bmtugtsidogiri.co.id/tentang-kami-6.html.28 Februari 2018

PlumX Metrics

Published
2020-06-26
Section
Articles