PENGGUNAAN PODCAST DALAM (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA MATA KULIAH LISTENINGI PRODI TADRIS INGGRIS JURUSAN TARBIYAH STAIN PONOROGO
Abstract
Kegiatan menyimak yang merupakan proses interaktif harus disampai kan dalam pembelajaran sebagai sebuah proses interaktif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Pada umumnya, pelajaran listening di perguruan tinggi sangat bergantung pada kegiatan yang monoton. Masalah serupa muncul di mata kuliah Listening I pada prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Oleh karena itu, penelitian berkaitan dengan strategi pengajaran yang memotivasi
yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategi yang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakan media podcast. Untuk memecahkan permasalahan diatas maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di sajikan dalam 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui alur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapat meningkatkan: (1) partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok, (2) prestasi belajar dan (3) respon positif.
yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategi yang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakan media podcast. Untuk memecahkan permasalahan diatas maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di sajikan dalam 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui alur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapat meningkatkan: (1) partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok, (2) prestasi belajar dan (3) respon positif.
Keywords
Podcast, Student Teams Achievement Division (STAD), Menyimak
Article Statistic
Abstract view : 697 timesPDF views : 2100 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Kodifikasia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.