PENGGUNAAN PODCAST DALAM (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA MATA KULIAH LISTENINGI PRODI TADRIS INGGRIS JURUSAN TARBIYAH STAIN PONOROGO

Muhammad Toyib(1*), Syafiq Humaisi(2), M. Harir Muzakki(3)
(1) STAIN Ponorogo
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.21154/kodifikasia.v6i1.766

Abstract

Kegiatan  menyimak  yang  merupakan  proses  interaktif  harus  disampai kan  dalam  pembelajaran  sebagai  sebuah  proses  interaktif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Pada umumnya, pelajaran listening di perguruan tinggi sangat bergantung pada kegiatan yang monoton. Masalah serupa muncul di mata kuliah Listening I pada prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Oleh karena itu, penelitian berkaitan dengan strategi pengajaran yang memotivasi
yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategi yang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakan  media  podcast.  Untuk  memecahkan  permasalahan  diatas maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di sajikan  dalam  2  (dua)  siklus.  Dalam  setiap  siklusnya  melalui alur  PTK  yang  terdiri  dari  4  (empat)  tahap,  yaitu  perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapat meningkatkan:  (1)  partisipasi  mahasiswa  dalam  diskusi  kelompok, (2) prestasi belajar dan (3) respon positif.

Keywords


Podcast, Student Teams Achievement Division (STAD), Menyimak

Article Statistic

Abstract view : 697 times
PDF views : 2100 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Kodifikasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.