PEMELIHARAAN DAN PENGGUNAAN SARANA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF JENANGAN PONOROGO

Rindy Lifiya(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) bagaimana peran kepala pengelolaan sarana dan prasarana di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. (2) bagaimana kendala dalam pengelolaan sarana dan prasarana di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Berdasarkan rumusan masalah peneliti melakukan fokus penelitian kepada kepala sekolah sebagai penggerak dan pengatur dalam menjadikan madrasah yang berkualitas. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sumber data. Pemeliharaan dan penggunaan  Sarana dan Prasarana di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo adalah dengan memanfaatkan sarana yangsudah ada untuk digunakan dalam pembelajaran oleh semua staf guru dan peserta didik sesuai dengan fungsinya. Pemeliharaan sarana dan prasarana dengan memperbaiki gedung-gedung yang bocor, mengecat ulang gedung yang sudah pudar dan upaya pemeliharaan lainnya. Dan adanya rasa tanggungjawab terhadap barang-barang sekolah yang digunakan, maka dari itu harus ada control atau pengawasan dari kepala sekolah demi pemeliharaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang baik. Kendala sarana dan prasarana di MI Ma’arif Setono jenangan Ponorogo ini adalah salah satunya yaitu tidak teraturnya dana BOS yang keluar, yang biasanya malah kurang dari target yang keluar. Karena masih swasta dan kalah dengan sekolah negeri yang lebih berkualitas. Untuk itu sekolah hanya dapat memperbaiki peralatan-peralatan kecil yang paling sering digunakan. Sel ain pemanfaatan dana BOS, dana yangdigunakan adalah dana iuran sekolah yang didapat dari SPP dan juga sumbangan dari pihak yayasan atau dari pihak luar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

View My Stats