DAMPAK PERGESERAN PARADIGMA PEMBELAJARAN TERHADAP PSIKOLOGIS GURU DAN SISWA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
References
Apriyanti, Chusna. “The Parents Role in Guiding Distance Learning and The Obstacle During COVID-19 Outbreak.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no. 2 (2020).
Ardiawan, I Ketut Ngurah, dan I Gede Teguh Heriawan. “Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring.” Danapati: Jurnal Komukasi 1, no. 1 (2020).
Astutik, Choli. “Efektifitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan
Manajemen Stres Siswa.” ICECRS 1, no. 3 (2018).
Bilfaqih, Yusuf, dan M. Nur Qomarudin. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deeppublish, 2015.MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam
Volume 2, Nomor 1, Juli 2021
Fithri, Rizma. Buku Perkuliahan Psikologi Belajar. Surabaya: UIN Sunan Ampel press, 2014.
Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, dan Hary Ramadhan. “Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 2 (2020).
Hunt, Brittany D., dan Beth Oyarzun. “Online Learning Perspectives of Native American Students.” Journal of Educational Technology, 2019.
Indonesia, Wahana Visi. Buku Saku Dukungan Psikososial bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Tangerang Selatan: WVI, 2020.
Mansyur, Abd. Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di
Indonesia.” Education and Learning Journal 1, no. 2 (2020).
Mishra, Dr. Lokanath, Dr. Tushar Gupta, dan Dr. Abha Shree. “Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic.”
International Journal of Educational Research Open, 2020.
Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzirin, dan Lina Sayekti. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id).” Walisongo Journal of Information Technology 1, no. 2 (2019).
Nurdiansyah, dan Andiek Widodo. Inovasi Teknologi Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Nurkholis. “Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap
Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah.” Jurnal PGSD 6, no. 1
(2020).
Onyema, Edeh Michael, Dr. Nwafor Chika Eucheria, Dr. Faith Ayobamidele Obafemi, Shuvro Sen, Fyneface Grace Atonye, Dr. Aabha Sharma, dan Alhuseen Omar Alsayed. “Impact of Coronavirus Pandemic on Education.” Journal of Education and Practice 11, no. 13 (2020).
Palupi, Tri Nathalia. “Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” JP3SDM 9, no. 2 (2020).
Patimah, Siti. Manajemen Stres Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2016.
Rahmawati, Ida Yeni, dan Dwiana Binti Yulianti. “Kreativitas guru dalam proses
pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah COVID-19.” AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE) 5, no. 1 (2020).
Salahudin, Anas, dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.
Sari, Permata, Siti Zahra Bulantika, Ferisa Prasetyaning Utami, dan Farid Imam Kholidin. “Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1, Juli 2021
Siswa di Masa New Normal.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 2, no. 2
(2020).
Soemarjan, Selo. Sosiologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Gajah Mada Press, 1962.
Suartama, I Kadek. E-Learning (Konsep dan Aplikasinya). Bali: Undiksha Press, 2014.
Sumantri, Agus, Annisa Rahmawati, Asep Hermawan, Arief Wahyudi, Hari Wibawanto,
dan Zahrani Balqis. Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: DIRJENPENDIS,
Surya, Mohamad. Psikologi Guru (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta, 2020.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tirtarahardja, Umar, dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Weken, Merdekawati Evangli, Arthur E Mongan, dan John S Kekenusa. “Hubungan antara Beban Kerja, Konflik Peran, dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid19.” Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine 1, no. 4 (2020)