Pelatihan Arab Pegon bagi Santri Baru guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri

  • Indriana Rahmawati IAIN PONOROGO
  • Tirta Dimas Wahyu Negara IAIN PONOROGO
Abstract views: 601 , PDF downloads: 2110

Abstract

ABSTRAK Bahasa Arab merupakan bahasa yang sudah tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia. Lain halnya dengan budayanya, yang mana sering terjadi kesulitan dalam pemahaman dan pengan materi dalam kehidupan sehari-hari apabila aplikasi menghadapi pemahaman kitab kuning yang menggunakan bahasa arab. Dalam memahami kitab kuning perlu mengetahui Arab Pegon yang mana sebagai akses untuk memahami kitab kuning juga untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning. Minimnya pengetahuan santri baru Pondok Pesantren Darul Huda Putri dalam penulisan Pegon Arab merupakan kendala dalam pembelajaran kitab kuning, yang mana untuk memahami dan mengetahui kitab kuning perlu menguasai penulisan Arab Pegon. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui pelatihan Arab Pegon, materi apa yang akan disampaikan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning, dan metode apa yang akan digunakan dalam pelatihan Arab Pegon bagi santri baru di Pondok Pesantren Darul Huda Putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan Arab Pegon untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri telah terlaksana dengan baik dan cukup efektif, dengan adanya guru dalam pelaksanannya dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui pelatihan Arab Pegon dengan menggunakan berbagai macam metode yang mana santri bisa menerima dan faham menerima pelajaran dengan baik. materi apa yang akan disampaikan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning, dan metode apa yang akan digunakan dalam pelatihan Arab Pegon bagi santri baru di Pondok Pesantren Darul Huda Putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan Arab Pegon untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri telah terlaksana dengan baik dan cukup efektif, dengan adanya guru dalam pelaksanannya dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui pelatihan Arab Pegon dengan menggunakan berbagai macam metode yang mana santri bisa menerima dan faham menerima pelajaran dengan baik. materi apa yang akan disampaikan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning, dan metode apa yang akan digunakan dalam pelatihan Arab Pegon bagi santri baru di Pondok Pesantren Darul Huda Putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan Arab Pegon untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri telah terlaksana dengan baik dan cukup efektif, dengan adanya guru dalam pelaksanannya dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui pelatihan Arab Pegon dengan menggunakan berbagai macam metode yang mana santri bisa menerima dan faham menerima pelajaran dengan baik.Kata Kunci: Arab Pegon, Santri, dan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning

References

Ahmadi, dkk. 2021. Pedoman KPM-DDR 2021 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Azizah, Binti Fatatin. 2008. Upaya Peningkatan Kualitas Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Probolinggo. Skripsi. Malang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Malang.

Dahlan, Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas.

Fikri, Ibnu. Aksara Pegon: Studi Tentang Simbol Perlawanan Islam Jawa Abad Ke Xviii-Xix.

Hidayatullah, Maulana Syarif. 2016. Arab Pegon; Studi Analisis Tentang Implementasi Menulis Arab Pegon Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Akhlaq di Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/1016M / 1436/1437H. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Mochtar, Afandi. 1999. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdaya dan Transformasi; Pesantren Tradisi Kitab Kuning Sebuah Observasi Umum. Bandung: Pustaka Hidayah.

Nadhir Salahuddin, dkk. 2015. Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community-driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Noordyanto, Naufal. 2016. Tipologi Arab Pegon dalam Praktik Berbahasa Madura di Tengah Dinamika Kebudayaan yang Diusung Huruf Latin dalam Jurnal Dekave. Vol. 9, No. 2.

Nurdiyanah, dkk. 2016. Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Makassar: Nur Khairunnisa.

PlumX Metrics

Published
2021-12-14