The Development Of Educational Technology In The Realm Of Islamic Boarding School Learning

  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Nia Syam Nuri Universitas Ahmad Dahlan
  • Putri Fahma Fiddini Universitas Ahmad Dahlan
  • Dyah Ayu Sholikhah Universitas Ahmad Dahlan
  • Noor Kholisatur Rahmah AR Universitas Ahmad Dahlan
Abstract views: 264 , PDF downloads: 245

Abstract

Madrasah dan pondok pesantren sebagai lembaga Pendidikan berbasis Islam banyak menggunakan sistem konvensional. Sedangkan saat ini mereka dituntut agar siap menghadapi peluang dan tantangan dari revolusi industri 4.0 pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, diperlukannya upaya yang tepat dan antisipatif agar meminimalisir dampak negatif terhadap lembaga pendidikan Islam. Artikel ini ditulis agar mengetahui upaya yang tepat dilakukan madrasah dan pondok pesantren dalam menyikapi serta memanfaatkan peluang dan tantangan era revolusi industri 4.0 dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif dan mengkaji beberapa referensi serta literatur untuk memperoleh data kajian yang diperlukan. Hasil penulisan adalah peluang revolusi industri 4.0 adalah kemajuan teknologi yang menghasilkan inovasi sehingga mempermudah proses pembelajaran di kelas dan aktivitas yang berlangsung di lembaga pendidikan, sedangkan tantangannya adalah munculnya “disruptive innovation” yang telah berhasil menggeser gaya hidup dan pola pikir masyarakat dunia, seperti penggunaan e-book menggantikan fungsi buku. Adapun cara dalam menghadapinya adalah: 1) memodifikasi kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi; 2) peningkatan kemampuan dan keterampilan siswa untuk output yang kompetitif; 3) penguatan nilai budaya dan karakter kebangsaan secara terintegrasi. Hal-hal tersebut diharapkan mampu menjaga eksistensi madrasah dan pondok pesantren agar menghasilkan output yang kompetitif di era revolusi industri 4.0.

Kata Kunci: Madrasah; Pondok Pesantren; Teknologi.

References

Abdurrachman. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahyani, H., Muharir, M., & Permana, D. (2020). Philosophical Review Of Materialism And Idealism Married Age Limits In Indonesia (Study Of Article 7 Paragraph (1) Of Law 16 Of 2019 In Conjunction With Law 1 Of 1974 Concerning Marriage). Al-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, 12(2), 107-124.

Anwar, Miski. (2003). Tradisi Pesantren di Tengah-tengah Transpormasi Sosial. Menggagas Pesantren Masa Depan Suara Santri Untuk Indonesia Baru. Yogyakarta: Qietas.

Arifin H.M,. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryati, S. (2019, March). Tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01).

Baso, Ahmad. (2012). Akar Pendidikan Kewarganegaraan di Pesantren. Media Pendidikan Jurnal Pendidikan Islam. Volume: XXVII, Nomor 2.

Dhofier, Zamakhsyari. (1982). Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.

Dhofier, Zamakhsyari. (1990). Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.

Isbah, M. F. (2020). Pesantren in the changing Indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), 8(1), 65-106.

Madjid, Nurcholis. (1997). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. Mas'ud,

Mustopa, M., Hapidin, A., Rayana, J., Bumaeri, A. D. A., & Ahyani, H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang dan Tantangannya di Era 4.0). Hikmah, 18(1), 81-90.

Mustopa, M., Hapidin, A., Rayana, J., Bumaeri, A. D. A., & Ahyani, H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang dan Tantangannya di Era 4.0). Hikmah, 18(1), 81-90.

Nata, Abudin. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Pannen, P. (2005). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Presentasi pada Seminar Sun Commitment in Education and Research Industry. Jakarta: ERCI.

Shaleh, Abdul, Rahman. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangan watak Bangsa. Pendidikan Islam mengajarkan bagaimana hubungan manusia dengan tuhannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Steenbrink, K. A. (1991). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES

Sullam, M. R. (2020). MADRASAH, PONDOK PESANTREN DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(2), 89-97.

Syam, Nur. (2005). Pengembangan komunitas pesantren dalam dakwah pemberdayaan masyarakat paradikma aksi. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Yunus, Mahmud. (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Mutiara Sumber Widya.

Ziemek, Manfred. (1983). Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).

PlumX Metrics

Published
2022-06-06