Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tahfidz di Panti Asuhan Tahfidzul Quran Yatim Piatu Muhammadiyah Belegondo-Ngariboyo-Magetan

  • Atiq Alawiyah Ramadhani IAIN Ponorogo
  • Wilis Werdiningsih IAIN Ponorogo
Abstract views: 586 , PDF downloads: 937
Keywords: Pembelajaran Tahfidz, Metode Ummi, Panti Asuhan

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang paling istimewa di antara kitab yang lainnya. Menghafal al-Qur’an merupakan pekerjaan yang mulia dan membutuhkan niat yang sungguh-sungguh. Panti asuhan yatim piatu Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Ngaribiyo Magetan merupakan satu-satunya panti asuhan di Magetan yang memiliki program tahfidz bagi anak asuh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran tahfidz al-Qur’an di panti asuhan yatim piatu Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Ngaribiyo Magetan menggunakan metode ummi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an menggunakan model privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni; untuk mengasah kemampuan anak dalam menghafal, upaya yang dilakukan yakni mendampingi anak menghafal satu atau beberapa ayat dalam sehari sesuai dengan kemampuan anak, mengulang hafalan setiap hari, efektifitas waktu, penggunakan metode yang baik dan tepat, pemberian reward, motivasi dan muraja’ah setelah sholat fardhu.

References

Amir, Faisal. “Al-Qur’an Tidak Cukup Hanya Dibaca Dan Dihafal.” Http://Banyuanyar.Net, January 7, 2019.

Anwar, Abu. Ulumul Qur’an Sebagai Pengantar. Pekanbaru: Amzah, 2002.

Chusna, Farichatul. “Problematika Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Argomulyo Salatiga.” Skripsi IAIN Salatiga, 2018.

El-Muzni, Aunur Rafiq. Pengantar Studi Imu Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al Kautsar, 2015.

Hafiyana, Mufti, and Khoirul Anwar. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 02 (April 2018).

Harahap, Sri Belia. Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.

Hidayah, Nurul. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Ta’allum 01 (June 2016).

Masruri, and A. Yusuf. Belajar Mudah Membaca Al-Qur’an Ummi. Surabaya: CV. Ummi Media Center, 2015.

Sucipto. Tahfidz Al-Qur’an Melejitkan Prestasi. Yogyakarta: Guepedia, 2020.

Syafiie, Inu Kencana. Al-Qur’an Adalah Filsafat. Jakarta: PT. Perca, 2008.

Syarbini, Amirulloh, and Sumantri Jamhari. Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Bandung: Randi Renggana, 2012.

Usman, and Junaidin Nobisa. “Penggunaan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 04 (June 2021).

Werdiningsih, Wilis. “Pengembangan Nilai Karakter Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Jenjang SMP Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Cendekia 15 (2017).

PlumX Metrics

Published
2022-06-06