Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Bookless di Perpustakaan Iain Purwokerto

  • Indah Wijaya Antasari IAIN Purwokerto
Abstract views: 804 , PDF downloads: 471
Keywords: persepsi pemustaka, layanan perpustakaan, bookless

Abstract

Layanan bookless IAIN Purwokerto merupakan layanan berbasis digital yang dapat diakses melalui komputer, smartphone, tablet dan notebook yang diharapkan mampu mempermudah dan mempercepat akses pemustaka terhadap buku dan koleksi rujukan. Tulisan ini bertujuan untuk menjajagi sejauh mana pemustaka mengenal, memanfaatkan dan mengevaluasi kelemahan kelebihan layanan bookless. Kajian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka yang terdaftar sebagai anggota aktif perpustakaan IAIN Purwokerto sebanyak 5.779 orang, sampelnya sebanyak 60 responden dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sample. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket dengan pertanyaan tertutup dan terbuka. Data dianalisa menggunakan statistik deskriptif . Hasil kajian menunjukkan bahwa pemustaka yang sudah mengenal adanya layanan bookless 45%, pemustaka yang sudah menggunakan layanan bookless 16,66%, konten yang dianggap sangat diperlukan adalah menu e-book, kelebihan utama layanan bokless dapat diakses melalui smartphone/tablet/notebook pribadi, dan kelemahan utama layanan bookless hanya dapat diakses disekitar perpustakaan IAIN Purwokerto.

PlumX Metrics

Published
2017-11-10
How to Cite
Antasari, I. W. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Bookless di Perpustakaan Iain Purwokerto. Pustakaloka, 9(2), 239-254. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v9i2.1088
Section
Articles