Refleksi Hadits terhadap Kualitas Pelayanan Referensi dalam Membantu Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka di Perguruan Tinggi
Abstract
Abstract: In the hadith, Rasulullah SAW had advocated for Muslims to help each other and facilitate the difficulties faced by other Muslims. The hadith can be reflected in various activities in the library. In this casemore focused on reference services in the college library. In harmony with the hadith, that reference services can also solve various difficulties faced by the user and facilitate any difficulties experienced by the user. Reflexes of hadith on library activities, especially in reference services in the library, in this article are reviewed using the library study method. Thus, the reflexity between the two will be analyzed using various literature related to the topic.The purpose of this study is to know how the implementation of the hadith reflection and to know the impact given by the implementation of the hadith reflection on the quality of reference services in helping meet of the information needs of the users in the college.
Abstrak: Di dalam hadits, Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umat islam agar saling membantu dan memudahkan kesulitan yang dihadapi oleh muslim lainnya. Hadits tersebut dapat direfleksikan ke dalam berbagai kegiatan di perpustakaan. Dalam hal ini lebih difokuskan kepada pelayanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Selaras dengan hadits tersebut, bahwasanya layanan referensi juga dapatmenyelesaikan berbagai kesulitan yang dihadapi oleh pemustaka dan memudahkan setiap kesulitan yang dialami oleh pemustaka. Refeleksi hadits terhadap kegiatan perpustakaan, khususnya pada layanan referensi di perpstakaan, dalam artikel ini dikaji menggunakan metode studi kepustakaan. Sehingga, refleksitas diantara keduanya akan dianalisis menggunakan berbagai literatur yang terkait dengan topik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana refleksi hadits terhadap kualitas pelayanan referensi dan untuk mengetahui dampak yang diberikan oleh pengimplementasian refleksi hadits terhadap kualitas pelayanan referensi dalam membantu memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di perguruan tinggi.
References
Akbar, A. Khaidir. “Jenis-Jenis Layanan di Perpustakaan,” dalam https://www.academia.edu/6910952/jenis-jenis_layanan_di_perpustakaan.
Almah, Hildawati. “Pengembangan Layanan Referensi di Perpustakaan (Antara Harapan dan Kenyataan).” Jurnal Iqro. Vol. 7. No. 1. Tahun 2013.
Ardyawin, Iwin. “Urgensi Keterampilan Sosial Pustakawan Pada Layanan Referensi dalam Menghadapi Globalisasi Informasi.” Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan. Vol. 5. No. 1. Tahun 2017.
Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Pedoman Pengukuran Kinerja Perpustakaan Perguruan Tinggi (Jakarta: FPPTI, 2005).
Khatibah. “Penelitian Kepustakaan,” Jurnal Iqra’. Vol. 5. No. 1. Tahun 2011.
Krisyanto, Dian. “Reference Agent: Mengoptimalkan Pustakawan Dalam Menghidupkan Kembali Layanan Referensi.” Pustakaloka. Vol. 7. No. 1. Tahun 2015.
Lasi dan Eko Setiawan. “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Referensi Melalui E-Mail di Perpustakaan Universitas Surabaya.” J. Perpus. Pert. Vol. 21. No. 1. Tahun 2012.
LR, Pristiwanti. 2010. “Tafsir Pink: Hadist Tentang Akhlak Terpuji” dalam “settings,”http://tafsirpink.blogspot.com/2010/11/hadist-akhlak-terpuji.html. Diakses pada 9 Januari 2019.
Mujab, Ahmad Isywarul. “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata.” Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 4. No. 2. Tahun 2015.
Retniati dan Ardoni. “Kebutuhan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Negeri Padang.” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 1. No. 1. Tahun 2012.
Urulamo, Susan. “Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Pelayanan di Bagian Referensi Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara.” Journal Acta Diurna. Vol. 3. No. 4. Tahun 2014.
Zubaidah, Siti. “Pelayanan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi.” Jurnal Iqro. Vol. 2. No. 1. Tahun 2008.
Copyright (c) 2019 Pustakaloka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Requirements to be met by the author as follows:
- Author storing copyright and grant the journal right of first publication manuscripts simultaneously with licensed under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into the preparation of additional contractual separately for non-exclusive distribution of a rich version of the journal issue (eg: post it to an institutional repository or publish it in a book), with the recognition of initial publication in this journal.
Authors are allowed and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as citations earlier and more severe than published works. (see The Effect of Open Access).