Refleksi Hadits terhadap Kualitas Pelayanan Referensi dalam Membantu Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka di Perguruan Tinggi

  • Ramadhani Ginting UIN Sunan Kalijaga
Abstract views: 4961 , PDF downloads: 553

Abstract

Abstract: In the hadith,  Rasulullah SAW had advocated for Muslims to help each other and facilitate the difficulties faced by other Muslims. The hadith can be reflected in various activities in the library. In this casemore focused on reference services in the college library. In harmony with the hadith, that reference services can also solve various difficulties faced by the user and facilitate any difficulties experienced by the user. Reflexes of hadith on library activities, especially in reference services in the library, in this article are reviewed using the library study method. Thus, the reflexity between the two will be analyzed using various literature related to the topic.The purpose of this study is to know how the implementation of the hadith reflection and to know the impact given by the implementation of the hadith reflection on the quality of reference services in helping meet of the information needs of the users in the college. 

Abstrak: Di dalam hadits, Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umat islam agar saling membantu dan memudahkan kesulitan yang dihadapi oleh muslim lainnya. Hadits tersebut dapat direfleksikan ke dalam berbagai kegiatan di perpustakaan. Dalam hal ini lebih difokuskan kepada pelayanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Selaras dengan hadits tersebut, bahwasanya layanan referensi juga dapatmenyelesaikan berbagai kesulitan yang dihadapi oleh pemustaka dan memudahkan setiap kesulitan yang dialami oleh pemustaka. Refeleksi hadits terhadap kegiatan perpustakaan, khususnya pada layanan referensi di perpstakaan, dalam artikel ini dikaji menggunakan metode studi kepustakaan. Sehingga, refleksitas diantara keduanya akan dianalisis menggunakan berbagai literatur yang terkait dengan topik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana refleksi hadits terhadap kualitas pelayanan referensi dan untuk mengetahui dampak yang diberikan oleh pengimplementasian refleksi hadits terhadap kualitas pelayanan referensi dalam membantu memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di perguruan tinggi.

References

Akbar, A. Khaidir. “Jenis-Jenis Layanan di Perpustakaan,” dalam https://www.academia.edu/6910952/jenis-jenis_layanan_di_perpustakaan.

Almah, Hildawati. “Pengembangan Layanan Referensi di Perpustakaan (Antara Harapan dan Kenyataan).” Jurnal Iqro. Vol. 7. No. 1. Tahun 2013.

Ardyawin, Iwin. “Urgensi Keterampilan Sosial Pustakawan Pada Layanan Referensi dalam Menghadapi Globalisasi Informasi.” Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan. Vol. 5. No. 1. Tahun 2017.

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Pedoman Pengukuran Kinerja Perpustakaan Perguruan Tinggi (Jakarta: FPPTI, 2005).

Khatibah. “Penelitian Kepustakaan,” Jurnal Iqra’. Vol. 5. No. 1. Tahun 2011.

Krisyanto, Dian. “Reference Agent: Mengoptimalkan Pustakawan Dalam Menghidupkan Kembali Layanan Referensi.” Pustakaloka. Vol. 7. No. 1. Tahun 2015.

Lasi dan Eko Setiawan. “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Referensi Melalui E-Mail di Perpustakaan Universitas Surabaya.” J. Perpus. Pert. Vol. 21. No. 1. Tahun 2012.

LR, Pristiwanti. 2010. “Tafsir Pink: Hadist Tentang Akhlak Terpuji” dalam “settings,”http://tafsirpink.blogspot.com/2010/11/hadist-akhlak-terpuji.html. Diakses pada 9 Januari 2019.

Mujab, Ahmad Isywarul. “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata.” Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 4. No. 2. Tahun 2015.

Retniati dan Ardoni. “Kebutuhan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Negeri Padang.” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 1. No. 1. Tahun 2012.

Urulamo, Susan. “Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Pelayanan di Bagian Referensi Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara.” Journal Acta Diurna. Vol. 3. No. 4. Tahun 2014.

Zubaidah, Siti. “Pelayanan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi.” Jurnal Iqro. Vol. 2. No. 1. Tahun 2008.

PlumX Metrics

Published
2019-06-30
Section
Articles