Membangun Knowledge Repository Untuk Mewujudkan Perpustakaan Sebagai Learning Center (Kajian UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura)

  • Bondhan Endriawan UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
  • Priti Swasti Pusat Data Dan Dokumentasi Ilmiah - LIPI
Abstract views: 749 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 693

Abstract

Perpustakaan merupakan organisasi berkembang yang melakukan tugas menyebarluaskan dan mendokumentasikan informasi (dissemination information). Perkembangan tersebut merupakan dampak dari teknologi yang berkembang, hal itu ditandai adanya ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan dari berbagai media. Disamping merupakan organisasi yang berkembang, perpustakaan juga merupakan pusat pembelajaran (learning center). Untuk mengembangkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran tentunya tidak lepas dari peran pustakawan dalam memahami informasi lembaganya baik sejak penciptaanya sampai tahap penggunaanya (core business), dengan melakukan beberapa perencanaan yang matang sehingga sumber daya yang ada dapat memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi pemustakanya. Artikel ini mendiskripsikan tentang proses pengembangan knowledge repository yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura dengan kondisi yang ada sekarang. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan melakukan kajian literatur yang bersumber dari peneliti terdahulu (state of the art) dan beberapa artikel dan sumber lainya yang relevan. Dari hasil kajian ini nantinya bisa diharapkan untuk mengembangkan repository UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura sebagai pusat pembelajaran bagi civitas akademika.

Author Biographies

Bondhan Endriawan, UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
Pustakawan Pertama, golongan 3B
Priti Swasti, Pusat Data Dan Dokumentasi Ilmiah - LIPI
Priti Swasti, pustakawan Pusat Data Dan Dokumentasi Ilmiah - LIPI

References

Assegaf, Setiawan. “Mengembangkan Repositories Dalam Knowledge Management.” Jurnal Processor 9, no. 2 (2017): 167–171.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2008.

Franco, Massimo, and Stefania Mariano. “Information Technology Repositories and Knowledge Management Processes.” Vine, 2007.

Harumiaty, Nurma. “Kebijakan Akses Terbuka Institutional Repository Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga 8, no. 1 (2018): 31–36.

Husna, Jazimatul. “Implementasi Knowledge Management Di Perpustakaan Dalam Membangun Koleksi Warisan Budaya Batik.” Pustakaloka 10, no. 2 (2018): 146–161.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.

———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&d. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sutedjo, Mansur. “Pengelolaan Repositori Perguruan Tinggi Dan Pengembangan Repositori Karya Seni.” In Seminar Nasional Digital Local Content: Strategi Membangun Repository Karya Seni, 1–15, 2014.

Suwanto, Sri Ati. “Manajemen Layanan Repository Perguruan Tinggi.” Lentera Pustaka 3, no. 2 (2017): 165–76.

PlumX Metrics

Published
2020-06-23
Section
Articles