Membangun Knowledge Repository Untuk Mewujudkan Perpustakaan Sebagai Learning Center (Kajian UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura)

Bondhan Endriawan, Priti Swasti

Abstract


Perpustakaan merupakan organisasi berkembang yang melakukan tugas menyebarluaskan dan mendokumentasikan informasi (dissemination information). Perkembangan tersebut merupakan dampak dari teknologi yang berkembang, hal itu ditandai adanya ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan dari berbagai media. Disamping merupakan organisasi yang berkembang, perpustakaan juga merupakan pusat pembelajaran (learning center). Untuk mengembangkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran tentunya tidak lepas dari peran pustakawan dalam memahami informasi lembaganya baik sejak penciptaanya sampai tahap penggunaanya (core business), dengan melakukan beberapa perencanaan yang matang sehingga sumber daya yang ada dapat memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi pemustakanya. Artikel ini mendiskripsikan tentang proses pengembangan knowledge repository yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura dengan kondisi yang ada sekarang. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan melakukan kajian literatur yang bersumber dari peneliti terdahulu (state of the art) dan beberapa artikel dan sumber lainya yang relevan. Dari hasil kajian ini nantinya bisa diharapkan untuk mengembangkan repository UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura sebagai pusat pembelajaran bagi civitas akademika.


Keywords


diseminasi informasi; knowledge repository; HAKI; pustakawan

References


Assegaf, Setiawan. “Mengembangkan Repositories Dalam Knowledge Management.” Jurnal Processor 9, no. 2 (2017): 167–171.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2008.

Franco, Massimo, and Stefania Mariano. “Information Technology Repositories and Knowledge Management Processes.” Vine, 2007.

Harumiaty, Nurma. “Kebijakan Akses Terbuka Institutional Repository Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga 8, no. 1 (2018): 31–36.

Husna, Jazimatul. “Implementasi Knowledge Management Di Perpustakaan Dalam Membangun Koleksi Warisan Budaya Batik.” Pustakaloka 10, no. 2 (2018): 146–161.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.

———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&d. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sutedjo, Mansur. “Pengelolaan Repositori Perguruan Tinggi Dan Pengembangan Repositori Karya Seni.” In Seminar Nasional Digital Local Content: Strategi Membangun Repository Karya Seni, 1–15, 2014.

Suwanto, Sri Ati. “Manajemen Layanan Repository Perguruan Tinggi.” Lentera Pustaka 3, no. 2 (2017): 165–76.




DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i1.1842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pustakaloka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal Indexed by: