Mengenal Faktor – Faktor Psikologis Yang Membentuk Perilaku Pemustaka

  • Radiya Wira Buwana INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
Abstract views: 1618 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 3099

Abstract

Kegiatan pelayanan di dalam sebuah Perpustakaan tentunya melibatkan interaksi antara pustakawan dengan pengguna Perpustakaan. Pengguna Perpustakaan yang memiliki latar belakang sosial, ekonomi, bahkan pendidikan yang berbeda mengakibatkan terbentuknya keanekaragaman perilaku dari pengguna Perpustakaan dalam memanfaatkan jasa Perpustakaan. Pustakawan sebagai representasi dari lembaga Perpustakaan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna Perpustakan tanpa kurang suatu apapun. Seorang pustakawan yang baik harus mampu memiliki kemampuan untuk melakukan pendekatan psikologis dengan pengguna Perpustakaan agar dapat beradaptasi dengan perilaku pengguna Perpustakaan yang beraneka ragam. Kemampuan pendekatan psikologis tersebut tentu harus diawali dengan kemampuan seorang pustakawan untuk dapat mengenal faktor-faktor psikologis apa saja yang dapat membentuk perilaku pengguna Perpustakaan. Oleh karena itu, melalui tulisan ini penulis akan mengenalkan faktor-faktor psikologis yang membentuk perilaku pengguna Perpustakaan, dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif melalui library research .

References

IBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Daring, https://kbbi.kemdikbud.go.id

Iskandar, Iskandar. Manajemen Dan Budaya Perpustakaan. Bandung: Refika Aditama, 2016.

Khairani, Makmun. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

———. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Prastowo, Andi. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

———. Memahami Metode - Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2016.

Rahayu, Lisda, and dkk. Layanan Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2019.

Sugiarto, Endar. Psikologi pelayanan dalam industri jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Suhaila, Suhaila, and Yeni Budi Rachman. “Perilaku Pemustaka Dalam Memperlakukan Koleksi Perpustakaan: Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Indonesia.” Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan 19, no. 2 (December 19, 2018). https://doi.org/10.7454/jipk.v19i2.125.

Suherlan, Herlan, and Yono Budhiono. Psikologi Pelayanan : Di Bidang Pariwiasata Dan Hospitality Serta Di Berbagai Bidang Bisnis Lainnya. Bandung: Media Perubahan, 2013.

Sujanto, Agus. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Suwarno, Wiji. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto, 2009.

Utomo, RM Endar Priyo. “Peningkatan Kualitas Layanan Berbasis Pemustaka : Sebuah Paradigma Baru Pengukuran Kinerja Perpustakaan.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 6, no. 1 (June 2018).

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2009.

PlumX Metrics

Published
2020-12-04
Section
Articles