Peran Pustakawan Sebagai Teman Karib (Tempat Efektif Menemukan Aneka Referensi Ilmiah dan Buku) dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2239Keywords:
Librarians, learning, effectivenessAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Rancangan penelitian ini adalah metode campuran dengan prosedur Triangulasi. Desain: Validasi Model Data Kuantitatif. Dalam model ini, peneliti akan mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian menganalisis masing-masing data tersebut. Tahapan selanjutnya adalah melakukan analisis lebih lanjut dengan memvalidasi hasil analisis kuantitatif menggunakan hasil kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ULM. Sampel untuk melihat peran pustakawan dalam pembelajaran yaitu 500 siswa.Teknik data yang validasi instrumen oleh validator, pengisian kuesioner, wawancara terbuka untuk memperdalam gambaran yang memiliki kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian besar siswa yaitu 40,466% siswa setuju bahwa pustakawan dapat berperan sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran. 27,84% siswa sangat setuju. Sedangkan sebagian kecil siswa masing-masing sebesar 7,11% dan 1,34% menyatakan tidak setuju dan tidak setuju dengan pernyataan tersebut.
References
Asmad, C C, and Taufiq Mathar. “Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kinerja Perpustakaan.” Khazanah Al-Hikmah 3, no. 2 (2015).
Aziz, Lulu Andarini. “Upaya Perpustakaan Dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa (Studi Kasus Di Upt Perpustakaan Unika Soegijapranata).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 4, no. 3 (2015): 131”“40.
Kristyanto, Dian. “Reference Agent: Mengoptimalkan Pustakawan Dalam Menghidupkan Kembali Layanan Referensi.” Pustakaloka 7, no. 1 (2015): 1”“14.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya (2015).
Samosir, Zurni Zahara. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU Departemen Studi.” Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi 1, no. 1 (2005): 28”“36.
Subrata, Gatot. “Upaya Pengembangan Kinerja Pustakawan Perguruan Tinggi Di Era Globalisasi Informasi.” Jurnal Pustakawan Perpustakaan UM 1, no. 1 (2009): 1”“12.
Yuliati, L. Model-Model Pembelajaran Fisika: Teori Dan Praktek. Malang: UM, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Requirements to be met by the author as follows:
- Author storing copyright and grant the journal right of first publication manuscripts simultaneously with licensed under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into the preparation of additional contractual separately for non-exclusive distribution of a rich version of the journal issue (eg: post it to an institutional repository or publish it in a book), with the recognition of initial publication in this journal.
Authors are allowed and encouraged to post their work online (eg, in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as citations earlier and more severe than published works. (see The Effect of Open Access).