Manajeman Mahasiswa Part-Time: Best Practice Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ida Nor'aini Hadna

Abstract


Abstrak; Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan tentang manajemen mahasiswa part-time yang telah dilakukan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Hal ini perlu disampaikan karena masih banyak perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia yang belum memberdayakan mahasiswanya untuk ikut bersama-sama mengelola perpustakaan melalui kegiatan mahasiswa part-time. Dalam makalah yang ditulis berdasarkan best practice ini akan dijelaskan berbagai hal dalam pengelolaan mahasiswa part-time, yaitu mulai dari (1) perencanaan program; (2) pelaksanaan program; (3) hasil pelaksanaan program; (4) sistem monitoring dan evaluasi; (4) dampak pelaksanaan program; sampai pada (5) perubahan sebagia akibat pelaksanaan program.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diketahui bahwa program rutin kegiatan mahasiswa part-time di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini tidak hanya bermanfaat bagi perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam memperlancar kegiatan layanan, tetapi program ini juga bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri, yaitu selain membuat mereka menjadi merasa bangga, juga membuat mereka menghargai waktu, membagi waktu belajar dan bekerja. Selain itu, bagi yang sudah bekerja setelah lulus, pengalaman selama menjadi mahasiswa part-time juga menjadi modal yang berharga dalam bekerja.

Abstract; The aim of this paper is to explain the part-time student management that has been done by UIN Sunan Kalijaga Library. It needs to be submitted because many college libraries in Indonesia haven’t empower their students to participate together to manage the library through part-time student activities. In this paper that based on best practice will be explained various things in part-time student management, from (1) program planning; (2) program implementation; (3) program implementation result; (4) monitoring and evaluation system; (5) program implementation impact; until (6) change as a result of the implementation of the program.

Based on this research, noted that part-time students routine program activities in UIN Sunan Kalijaga Library is not only useful for UIN Sunan Kalijaga Library to facilitate the service activity, but this program is useful for the students themselves, which in addition will make them proud, also make them appreciate the time, manage their time for study and work. Moreover, for them who have been working after graduation, the experience during being a part-time student also becomes a valuable asset in working.



Keywords


part-time student; part-time management; UIN Sunan Kalijaga Library; best practice

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Saleh. (2010). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Achmad Hipjillah & Nurul Badriyah. ((2015). Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu: Antara Konsumsi dan Prestasi Akademik (studi pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu di Uno Board Game Café), Jurnal Ilmiah, jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Atica Pranidya Widyaningtyas & Eko Darminto. (2013). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu, Character, Vol. 01, No. 02. Jurnal UNESA Surabaya.

Bernardine R. Wirjana. (2007). Mencapai Manajemen Berkualitas: Organisasi, Kinerja, Program. Yogyakarta: Andi.

Cary L.Cooper & Chris Argyris (Ed.). (1998). The Concise Blackwell Encyclopedia of Management. Massachusetts USA.

David Robotham. (2012). Student Part-time Employment: Characteristics and Consequences. Education+Training, 54(1), hlm.65-75. Emerald Group, DOI 10.1108/00400911211198904.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI. (2005). Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI.

Ilyas Istianur Praditya (2016, 21 Januari ). Pemerintah Batasi Penerimaan PNS. Dalam Liputan6.com,Jakarta,http://bisnis.liputan6.com/read/2417114/pemerintah-batasi-penerimaan-pns. diunduh tgl. 2 Mei 2016, pkl. 08.43

Irham Fahmi. (2012). Manajemen: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi 3. Jakarta.

Ratih Rahmawati & Blasius Sudarsono, (2012). Perpustakaan untuk Rakyat: Dialog Anak dan Bapak. Jakarta: Sagung Seto

Sondang P. Siagian. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..

Titik Sunarti Widyaningsih. (2016). Karya Tulis Ilmiah. Materi yang disampaikan dalam Klinik Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah/Populer yang diselenggarakan di UNY, kerjasama IPI D.I.Yogyakarta dan ATPUSI Yogyakarta, tgl 26 Januari-19 Februari 2016

Wendy Patton & Erica Smith. (2010). Part-time Work of High School Students: Impact on Employability, Employment Outcomes and Career Development. Australian Journal of Career Development, 19, 1. Downloaded from acd sagepub.com at Sunan Kalijaga Yogyakarta Pare on April 11, 2016




DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i1.452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pustakaloka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal Indexed by: