Analisis Pengaruh Kualitas Web Perpustakaan Universitas Udayana Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Webqual 4.0

  • Kadek Aryana Dwi Putra Universitas Udayana http://orcid.org/0000-0003-2539-5013
  • I Putu Suhartika Universitas Udayana
  • Ni Putu Premierita Haryanti Universitas Udayana
  • Nyoman Ayu Sukma Pramestisari Universitas Udayana
Abstract views: 696 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 713

Abstract

Web perpustakaan Universitas Udayana berfungsi sebagai media informasi, penyedia koleksi digital, promosi perpustkaan serta bermanfaat untuk meningkatkan daya saing global. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas Web Perpustakaan Universitas Udayana terhadap kepuasan pengguna. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan teknik survey berbasis kuesioner. Survey menggunakan kuesioner yang disebar ke 100 orang berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin. Responden merupakan mahasiswa yang pernah mengakses web Perpustakaan Universitas Udayana. Kuesioner dibuat berdasarkan konsep dari WebQual 4.0 dengan tiga kategori pengukuran meliputi usability, kualitas informasi serta kualitas interaksi. Dari ketiga kategori tersebut akan dipecah menjadi 20 butir pertanyaan yang akan menjadi pegangan peneliti untuk melakukan survey. Data yang dikumpulkkan diolah dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapat maka variabl Information quality, Interaction quality dan usability memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Indikator dari variabel usability yaitu penambahan pengetahuan dari web perpustakaan memiliki nilai paling tinggi yaitu sebesar 83%. Prioritas peningkatan dan perbaikan yaitu pada indikator tampilan web perpustakaan dengan nilai sebesar 54%. Sehingga perlu dilakukan peningkatan pada sisi tampilan web Perpustakaan Universitas Udayana karena indikator tersebut memiliki nilai paling kecil dan berpengaruh pada kepuasan pengguna.

References

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2009.

Junaeti, and A. Arwani. “Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi: Konstruksi Pelayanan, Strategi, Dan Citra Perpustakaan.” Libraria: Jurnal Perpustakaan 4, no. 1 (2016): 27–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/libraria.v4i 1.1245.

Paulo, Rita, Tiago Oliveira, and Almira Farisa. “The Impact of E-Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Behavior in Online Shopping.” Heliyon 5, no. 10 (2019): e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690.

Putra, Kadek Aryana Dwi, Wahid Nashihuddin, and Fauzan Hidayatullah. “Analysis of Interface & Information Content of LIPI Botanical Gardens Website Based on Scanmic Model.” Record and Library Journal 7, no. 1 (2021): 112–24. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/rlj.v7i1.112.

Soejono, Ajie Wibowo, Arief Setyanto, Amir Fatah Sofyan, and Way Anova. “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S Ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO )” XIII (2018): 29–37.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Supriyanto, Wahyu, and Rini Iswandari. “Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Perguruan Tinggi.” Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 13, no. 1 (2017): 79. https://doi.org/10.22146/bip.26074.

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisni. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Warjiyono, and Corie Mei Hellyana. “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 5, no. 2 (2018): 139–46. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666.

Wulandari, Eko Retno, Edwin Rizal, and Elnovani Lusiana. “Pengaruh Kualitas Website Kandaga Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 9, no. 1 (2021): 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.29146.

PlumX Metrics

Published
2022-12-08
Section
Articles