Studi Perbandingan Antara Taman Bacaan Masyarakat “Ngudi Kawruh” dan “Guyub Rukun” dalam Peningkatan Literasi

Abstract views: 130 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 105

Abstract

Abstract: This research is aimed to study how the comparison between the “Ngudi Kawruh” and “Guyub Rukun” Community Reading Centre in literation. The research method used in this research is interview, observation, and documentation. Data validity test in this research uses source and technique triangulation. Moreover, data analysis used is Miles and Huberman model. The research finds that the activities of literation in the “Ngudi Kawruh” Community Reading Centre are more than the “Guyub Rukun” in terms ofthe 6 (six) dimensions of literation as mentioned in the theory. The “Ngudi Kawruh”meets all the 6 (six) dimensions of literation,meanwhile the Guyub Rukun only has 5 (five) dimensions of literation, those are reading and writing literation, science literation, digital literation, financial literation, and cultural and citizenship literation.

Keywords: Comparative Study, Community Reading Centre, Literation

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara TBM Ngudi Kawruh dan TBM Guyub Rukun dalam literasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data, metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini merujuk kepada model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari 6 (enam) dimensi literasi yang digunakan sebagai rujukan teori, kegiatan literasi TBM Ngudi Kawruh lebih banyak dibandingkan TBM Guyub Rukun. Jika TBM Ngudi Kawruh memenuhi 6 (enam) dimensi literasi tersebut, maka TBM Guyub Rukun hanya mencakup 5 (lima) dimensi dari 6 dimensi literasi yaitu literasi baca tulis, literasi sains, literasi digital, literasi finansial serta literasi budaya dan kewargaan.

Kata Kunci    : Studi Perbandingan, Taman Bacaan Masyarakat, Literasi

References

Anggraini, Siti, “Budaya Literasi dalam Komunikasi,” Wacana XV, no. 3 (2016): 264-279

G. Edward Evans, Developing Library and Information Center Collections. Fifth Edition, Colorado: Libraries Unlimited, 2005

Juhana, “Community Reading Garden Management (TBM) Management in Improving Women’s Ecological Literation,” Jurnal Empowerment 8, no. 2 (2019)

Kalida, Muhsin, Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015

___________, TBM di PKBM: Model dan Strategi Perkembangannya, Yogyakarta: Cakruk Publising, 2014

__________, Fundraising Taman Bacaan Masyarakat, Yogyakarta: Cakruk Publishing, 2012

__________, Strategi Kemitraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Yogyakarta: Mitsaq Pustaka, 2010

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013

__________, Gerakan Literasi Nasional, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017

Kern, Richard, Literacy and Languages Teaching, London: Oup Oxford, 2000

Nazir, Moh., Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011

Rahayu, Sari dan Fakhruddin, “Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi,” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 4, no. 2 (2019): 164-174, http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7312

Ratna, Nyoman Kutha, Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Beajar, 2010

Rohmaniyah dan Marwiyah, “Peranan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Sumber Belajar Singgah Anak Mandiri Yogyakarta,” Media Pustakawan 27, no. 1 (2020): 14-25 https://doi.org/10.37014/medpus.v27i1.668

Rubiyah, Veronika, Peran Perpustakaan “Ngudi Kawruh” Dusun Onggopantran dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus di Kelurahan Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogykarta), Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013

Septiarti, Serafin Wisni, Sujarwo, Fitta Ummaya Santi, and Tristanti Tristanti, “Optimization of Community Reading Garden Management in Improving Reading Culture,” Journal of Nonformal Education 6, no. 1 (2020): 85-91, https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.23479

Setyaningsih, Isnaeni, Peran TBM Teras Baca Guyub Rukun dalam Pemberdayaan Masyarakat Dusun Jambon Argosari Sedayu Bantu, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1986

Tompkins, Gail E. and Kenneth Hoskisson. Language Arts: Content and Teaching Strategies, NewYork: MaxWell Mac Millan International Publishing Group, 1991

Trigos, Lina and Carrilo (2019) ‘Community cultural wealth and literacy capital in Latin American communities’, Department of Psychology of Development and Education, Universidad de La Sabana Cha, Colombia. Available at: https://www.emerald.com/insight/1175-8708.htm

PlumX Metrics

Published
2023-06-12
How to Cite
Arianto, M. S., & Pamungkas, O. P. (2023). Studi Perbandingan Antara Taman Bacaan Masyarakat “Ngudi Kawruh” dan “Guyub Rukun” dalam Peningkatan Literasi. Pustakaloka, 15(1), 108-130. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v15i1.5769
Section
Articles