Analisis Motivasi Pemustaka dalam Mengikuti Kelas Zotero di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus (Perspektif Teori Motivasi McClelland)

  • Radiya Wira Buwana INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
Abstract views: 372 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 122

Abstract

Abstract: The Zotero class is an information literacy class organized by the IAIN Kudus Library. Through the Zotero class, users are given the skills to be able to use the Zotero application to manage references and make citations in making scientific work. This study aims to analyze the motivation of users in participating in the Zotero class with the perspective of McClelland's motivation theory. This research was conducted using descriptive qualitative research methods. In this study used two types of data collection methods. The data collection method used in this research uses the interview method and the literature study method. The research data that has been obtained is then analyzed using McClelland's theory of motivation. The results of the study show that the motivation of users to take part in Zotero classes at the IAIN Kudus Library is to get to know and learn about Zotero applications, to have provisions for working on a thesis or final assignment, to add to relationships or friendships, and to fill free time during college holidays. The conclusion of this study is, from the perspective of McClelland's motivation theory, the motivation of users to take Zotero classes at the IAIN Kudus Library is driven by the needs of users to achieve and the needs of users to affiliate. In this study, there was no user motivation that was driven by the need for power.

Keywords: academic libraries, McClelland theory of motivation; Zotero class;

 

Abstrak: Kelas Zotero adalah kelas literasi informasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan IAIN Kudus. Melalui kelas Zotero, pemustaka diberikan keterampilan agar dapat menggunakan aplikasi Zotero untuk mengelola referensi dan membuat sitasi dalam pembuatan karya ilmiah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis terhadap motivasi pemustaka dalam mengikuti kelas Zotero tersebut dengan perspektif teori motivasi McClelland. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif yang bertipe deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan dua jenis metode pengumpulan data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode studi pustaka. Data penelitian yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori motivasi McClelland. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motivasi pemustaka dalam mengikuti kelas Zotero di Perpustakaan IAIN Kudus adalah untuk mengenal dan mempelajari aplikasi Zotero, untuk memiliki bekal dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir, untuk menambah relasi atau pertemanan, dan untuk mengisi waktu luang saat liburan kuliah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, dalam perspektif teori motivasi McClelland, motivasi pemusataka untuk mengikuti kelas Zotero di Perpustakaan IAIN Kudus didorong oleh kebutuhan pemustaka untuk berprestasi dan kebutuhan pemustaka untuk berafilisasi. Dalam penelitian ini tidak ditemukan motivasi pemustaka yang didorong oleh kebutuhan untuk berkuasa.

Kata kunci: kelas Zotero; perpustakaan perguruan tinggi; teori motivasi McClelland

References

Aidid, Muhammad Kasim, M. Nadjib Bustan, dan Ruliana Ruliana. “Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero.” DEDIKASI 22, no. 2 (20 November 2020). https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16120.

Andayani, Ulpah. “Strategi pengembangan kompetensi pustakawan akademik sebagai blended librarian dalam penyediaan layanan perpustakaan di era keilmuan digital.” Al Maktabah 17, no. 1 (2018). http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/11061.

Anjali, Muhammad Erdiansyah Cholid, dan Zeni Istiqomah. “Implementasi Pelatihan Aplikasi Zotero di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bagi Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan.” Publication Library and Information Science 3, no. 2 (28 April 2020): 97–103. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2434.

Asy’ari, Muhammad, Hunaepi Hunaepi, Baiq Mirawati, Armansyah Armansyah, dan Helmi Rahmawati. “Pelatihan Reference Managemenet Software (RMS) Zotero Dalam Pengelolaan Sumber Rujukan Penelitian.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 4, no. 3 (22 Agustus 2022): 417–31. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.813.

Buwana, Radiya Wira. “Mengenal Faktor – Faktor Psikologis Yang Membentuk Perilaku Pemustaka.” Pustakaloka 12, no. 2 (4 Desember 2020): 186–202. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2170.

Duong, Khue. “Rolling Out Zotero Across Campus as a Part of a Science Librarian’s Outreach Efforts.” Science & Technology Libraries 29, no. 4 (6 Desember 2010): 315–24. https://doi.org/10.1080/0194262X.2010.523309.

Feldman, Robert S. Pengantar Psikologi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2017.

Haliq, Abdul, Akmal Hamsa, dan Sakaria Sakaria. “Analisis Pemanfaatan, Faktor Pendukung Dan Penghambat, serta Upaya Optimalisasi Aplikasi Zotero dalam Penulisan Karya Ilmiah.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19, no. 1 (30 April 2021): 16. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2325.

Imran, Muhammad Chairil, Jusmaniar N, Sulviana Sulviana, Rizka Indahyanti, Muthmainnah Mursidin, dan Sitti Nurjannah. “Penguatan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Pelatihan SPSS dan Zotero.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (31 Mei 2022): 567–70. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4435.

Iskandar, Iskandar. Manajemen dan budaya perpustakaan. Bandung: Refika Aditama, 2016.

“KBBI Daring.” Diakses 21 Februari 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/motivasi.

Khairani, Makmun. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Larasati, Aisyah. “Peningkatan Kemampuan Mengoperasikan Reference Management Software Zotero dan End-note Untuk Guru SMKN 6 Malang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 26, no. 1 (5 Maret 2020): 28–33. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.15777.

Latipah, Eva. Psikologi Dasar Bagi Guru. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2017.

Marshall, Caroline. “Citation Management Software Raises Library Profile.” Journal of Hospital Librarianship 20, no. 2 (2 April 2020): 151–55. https://doi.org/10.1080/15323269.2020.1738850.

McClelland, David C. Human Motivation. Cambridge: Cambridge University Press, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. 38 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Putri, Dini Olifia, dan Ardoni Ardoni. “Perilaku Pemustaka dalam Telusur Informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang.” Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 8, no. 2 (14 Maret 2020): 15–21. https://doi.org/10.24036/109090-0934.

Ray, Aswini Kumar. “Zotero: Open Source Citation Management Tool for Researchers.” International Journal of Library and Information Studies 7, no. 3 (2017): 238–45.

Rosyadi, Muh Ihwan, dan Suyantiningsih Suyantiningsih. “Korelasi antara persepsi pengelolaan dan layanan pustaka dengan motivasi belajar di digital library UNY.” Epistema 1, no. 1 (30 Mei 2020): 59–67. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32489.

Royle, M Todd, dan Angela T Hall. “The Relationship Between McClelland’s Theory Of Needs, Feeling Individually Accountable, And Informal Accountability For Others.” International Journal Of Management And Marketing Research 5, no. 1 (2012). https://www.theibfr.com/international-journal-of-management-and-marketing-research-past-issues/#2679-2707-ijmmr-v5n1-2012.

Ryan, Richard M., Emma L. Bradshaw, dan Edward L. Deci. “Motivation.” Dalam The Cambridge Handbook of the Intellectual History of Psychology, disunting oleh Robert J. Sternberg dan Wade E. Pickren, 1 ed., 391–411. Cambridge University Press, 2019. https://doi.org/10.1017/9781108290876.016.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya : Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. 5 ed. Yogyakarta: Andi, 2014.

Winslow, Rachel Rains, Sarah L. Skripsky, dan Savannah L. Kelly. “Not Just Citations : Assessing zotero while reassessing research.” Dalam Information literacy: research and collaboration across disciplines, 287–304. Perspectives on writing. Fort Collins, Colorado : Boulder: The WAC Clearinghouse ; University Press of Colorado, 2017.

Yenianti, Ifonilla. “Pelatihan Manajemen Referensi Bagi Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.” Maktabatuna 4, no. 1 (3 Juli 2022): 32–51. https://doi.org/10.15548/mj.v4i1.3564.

Zellatifanny, Cut Medika, dan Bambang Mudjiyanto. “Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi.” Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi 1, no. 2 (2018): 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20.

PlumX Metrics

Published
2023-06-03
Section
Articles