Optimalisasi Web untuk Promosi Perpustakaan

  • Sukirno Sukirno Perpustakaan Fak. Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Abstract views: 863 , PDF downloads: 1301
Keywords: Promotion, Website, Internet

Abstract

Saat ini kegiatan promosi di perpustakaan belum dilakukan secara masif dan baik. Promosi merupakan bentuk  pengenalan produk jasa kepada pemustaka. Kegiatan promosi perpustakaan tersebut dilakukan masih sangat terbatas, bahkan masih sangat banyak  perpustakaan yang dibiarkan “beku” untuk bertahan hidup tanpa ada  usaha untuk mengembangkannnya dan mempromosikan pada pemustaka. Perpustakaan tidak kalah penting untuk mengadakan promosi,  sebagaimana lembaga-lembaga yang berorentasi  pada bisnis. Lembaga bisnis promosi merupakan kegiatan penting untuk dilakukan sebab promosi akan sangat menentukan kesuksesan lembaga.Web merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan perpustakaan untuk melakukan promosi. Web dapat menjangkau masyarakat pengguna sangat luas yang dapat diakses secara online melalui internet. Optimalisasi web untuk promosi perpustakan melalui, (1) informasi detail dan tuntas dari produk dan jasa kita, (2) tampilan yang baik akan memberi image yang baik ke calon pelanggan, (3) isi yang selalu up-to-date, dan (4) salah satu identitas. Untuk itu agar perpustakaan dapat menfaatkan sebagai saran promosi dengan optimal, maka perlu ada SDM perpustakaan yang diberi tugas untuk melakukan promosi, disamping itu juga perlu dialokasikan anggaran untuk kegiatan promosi.

PlumX Metrics

Published
2016-12-29
Section
Articles