Media Sosial Sebagai Wadah Berbagi Pengetahuan Literasi Fisik Anak Usia Dini di Halo Kids Indonesia

  • Metri Arindi Padjadjaran University
  • Tine Silvana Rachmawati Padjadjaran University
  • Fitri Perdana Padjadjaran University
Abstract views: 173 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 84
Untitled (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Abstract: The lack of dissemination of knowledge about physical literacy in early childhood sometimes makes parents unaware of this knowledge. However, Halo Kids Indonesia is here to share knowledge about physical literacy, which is crucial for the growth and development of children. By using social media to share knowledge about physical literacy in early childhood, this research aims to understand and comprehend Halo Kids Indonesia's social media utilisation in disseminating knowledge about physical literacy for young children. This research employs a qualitative method, collecting data through observation, interviews, and literature study methods. The results and discussion of this study reveal that Halo Kids Indonesia utilises two social media platforms, Instagram and TikTok. The main social media platform, Instagram, contains content in videos and images, presenting schedules, activity documentation, and knowledge about child development and physical literacy. On the other hand, TikTok contains more content focused on physical literacy, with videos demonstrating physical movements. Halo Kids Indonesia's social media has become a platform for sharing knowledge, particularly as a provider of information. However, the engagement from the audience in utilising this platform to exchange knowledge with other users or followers is still limited. Apart from that, Halo Kids Indonesia should spread more knowledge by utilising more diverse social media.

 

Keywords: knowledge sharing, physical literacy, social media

 

Abstrak: Kurangnya penyebaran pengetahuan mengenai literasi fisik pada anak usia dini, terkadang membuat orang tua tidak aware terhadap pengetahuan ini. Namun Halo Kids Indonesia hadir untuk membagikan pengetahuan mengenai literasi fisik yang begitu penting terhadap tumbuh dan berkembangnya anak dengan menjadikan media sosial sebagai wadah untuk tahap berbagi pengetahuan mengenai literasi fisik pada anak usia dini. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui dan memahami penggunaan media sosial Halo Kids Indonesia dalam membagikan pengetahuan tentang literasi fisik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui metode observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa Halo Kids Indonesia memiliki 2 media sosial yaitu Instagram dan TikTok. Media sosial utama dari Halo Kids yaitu Instagram yang memuat konten yang dikemas dalam bentuk video dan gambar, berupa jadwal kegiatan, dokumentasi kegiatan, dan pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak serta literasi fisik. Adapun konten pada media TikTok memuat lebih banyak mengandung pengetahuan literasi fisik dengan video-video gerak fisik. Media sosial Halo Kids Indonesia sudah mampu menjadi wadah dalam proses berbagi pengetahuan terutama menjadi penyedia pengetahuan, walaupun dari masyarakat belum memanfaatkan wadah ini untuk menemukan pengetahuan antar sesama pengguna ataupun pengikut lainnya. Selain itu, sebaiknya Halo Kids Indonesia lebih menyebarluaskan pengetahuan dengan memanfaatkan media sosial yang lebih beragam.

 

Kata Kunci: berbagi pengetahuan, literasi fisik, media sosial

References

Andra, Resti Syafitri. “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap,” 2018.

Anshel, Mark H. Applied Health Fitness Psychology. Human Kinetics, 2014.

Apriani, Dian. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIK PENGETAHUAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA,” 2023. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proeesa/90.

Friskawati, Gita Febria, and Mesa Rahmi Stephani. “Analysis Research Trends of Physical Literacy in Indonesia.” Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 6, no. 2 (2021): 255–61. https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i2.38298.

Gunawan, Hamzah, and Andri Wisnu Wardana. “KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI MEDIASI ANTARA EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PENGEMUDI Gojek DI YOGYAKARTA.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 3, no. 4 (2018): 411. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.229.

Maulana, Fajar, R Andi Sularso, and Purnamie Titisari. “Analisis Pengaruh Knowledge Sharing Dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Terhadap Kinerja Inovasi Dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 6, no. 1 (2018): 57–69. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2045.

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya, 2020. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.

Narullah, Rulli. Media sosial : perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

Octaviana, Dila Rukmi, and Reza Aditya Ramadhani. “HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama.” Jurnal Tawadhu 5, no. 2 (2021): 143–59.

Orlando, Okky. “PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Surabaya ).” Jurnal Ilmu Manajemen 6, no. 1 (2018): 1–8.

Pramono, Made. “Literasi Jasmani: Orientasi Tubuh-Subjek,” 2017.

Putra, Flady Makhmud, Wasis D. Dwiyogo, and Supriyadi. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Universitas Negeri Malang 1, no. 20 (2016): 377.

Ramadhani, Dwi Yuniar, and Roseda Riantara Bianti. “Aktivitas Fisik Dengan Perilaku Sedentari Pada Anak Usia 9-11 Tahun Di Sdn Kedurus Iii/430 Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Surabaya.” Adi Husada Nursing Journal 3, no. 2 (2017): 27–33.

Ranto, Dwi Wahyu Pril. “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Inovasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Yogyakarta Dengan Absorptive Capacity Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Siasat Bisnis 19, no. 2 (2015): 132–45. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art4.

Robinson, Daniel B., Lynn Randall, and Joe Barrett. “Physical Literacy (Mis)Understandings: What Do Leading Physical Education Teachers Know about Physical Literacy?” Journal of Teaching in Physical Education 37, no. 3 (2018): 288–98. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0135.

Rosiana, Wiwik, Prayogi Dwina Angga, and Muhammad Tahir. “Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 2 (2023): 964–75. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707.

Widyawan, Rosa. “Agar Informasi Menjadi Lebih Seksi (Pengantar Pelayanan Kemas Ulang Informasi).” Jakarta: Media Kampus Indonesia., 2014.

Yusup, Pawit M., and Tine Silvana Rachmawati. KNOWLEDGE SHARING DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN NONFORMAL DI RUMAH LITERASI MERDESA MALANG, 2019.

PlumX Metrics

Published
2023-12-07
How to Cite
Arindi, M., Rachmawati, T. S., & Perdana, F. (2023). Media Sosial Sebagai Wadah Berbagi Pengetahuan Literasi Fisik Anak Usia Dini di Halo Kids Indonesia. Pustakaloka, 15(2), 327-343. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v15i2.7088
Section
Articles