Komparasi Kebutuhan Informasi Penelitian Mahasiswa UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto dan UIN K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pekalongan

Abstract views: 152 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 44

Abstract

Abstract:: Students from UIN Saizu Purwokerto and UIN Gus Dur Pekalongan have a final assignment to prepare a thesis as a graduation requirement. The objectives of the research are to determine the level of research information needs of students at UIN Saizu Purwokerto, the level of information needs of UIN Gus Dur Pekalongan students, and a comparative study between the two. The research method used is quantitative, with a nonparametric data comparison test, namely the Mann-Whitney test. The results show that the level of research information needs of UIN Saizu students is 4.52 and UIN Gus Dur Pekalongan is 4.61 on a scale of 5. The Mann-Whitney Asymp. Sig. (2-tailed) test value of 0.380 indicates that there is no difference in the research information needs of students between UIN Saizu Purwokerto and UIN Gus Dur Pekalongan; both are equally high. This indicates that, although they come from two different universities, the students' information needs related to their thesis completion are relatively the same. This research can be a policy recommendation for reference services at the UIN Saizu Purwokerto Library and UIN Gus Dur Pekalongan.

 

Keywords: thesis students; information need; library services; comparative study; reference services

 

Abstrak: Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto dan UIN Gus Dur Pekalongan mempunyai tugas akhir menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan informasi penelitian mahasiswa di UIN Saizu Purwokerto, tingkat kebutuhan informasi mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan, dan studi komparasi antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan uji komparasi data nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan informasi penelitian mahasiswa UIN Saizu Purwokerto adalah 4,52 dan UIN Gus Dur Pekalongan 4,61 dalam skala 5. Uji beda Mann-Whitney Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,380 menunjukkan bahwa kebutuhan informasi penelitian mahasiswa antara UIN Saizu dan UIN Gus Dur Pekalongan tidak ada perbedaan, yaitu sama tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa, walaupun berasal dari dua universitas yang berbeda, kebutuhan informasi mahasiswa terkait penyelesaian skripsi mereka relatif sama. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan untuk layanan referensi di Perpustakaan UIN Saizu Purwokerto dan UIN Gus Dur Pekalongan.

 

Kata kunci: kebutuhan informasi; layanan perpustakaan; layanan referensi; studi komparasi; skripsi mahasiswa

References

Antasari, Indah Wijaya. 2021a. “‪Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memanfaatkan Layanan Penelusuran‬.” Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 5 (2). http://dx.doi.org/10.29240/tik.v5i2.2777.

———. 2021b. “‪Implementasi Layanan Penelusuran untuk Skripsi di Masa Pandemi‬.” Maktabatuna 3 (1). https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3161.

Asmawan, Asmawan. 2017. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26 (2): 51–57. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i2.3331.

Azwar, Muhammad, and Rizka Amalia. 2017. “Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Referensi Dalam Penulisan Skripsi Di Institut Pertanian Bogor.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 5 (1): 87–110.

Lumamuly, Arianti Natalia, and Yuniwati Yuniwati. 2019. “Analisis Pemanfaatan Koleksi Referensi Di Perpustakaan Iain Salatiga Dalam Menunjang Penulisan Skripsi Mahasiswa IAIN Salatiga.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6 (2): 101–10.

Ramadhani, Erfan, and Kurnia Sari. 2018. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Mengerjakan Skripsi.” Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, Ra, 16 (2): 193–206. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2043.

Rivo, Ksenija, and Maja Žumer. 2022. “Academic Libraries and Use of Mobile Devices: Case Study of Slovenia.” The Journal of Academic Librarianship 48 (3): 102507. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102507.

Situmorang, Dominikus David Biondi. 2017. “Efektivitas Pemberian Layanan Intervensi Music Therapy Untuk Mereduksi Academic Anxiety Mahasiswa Terhadap Skripsi.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 2 (1): 4–8. https://doi.org/10.26737/jbki.v2i1.242.

Wakhyudin, Husni, and Anggun Dwi Setya Putri. 2020. “Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi.” Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1 (1): 14–18.

Wijayanti, Lutfah Nur. 2021. “Analisis Permasalahan Mahasiswa FKIP UMS Dalam Penyelesaian Skripsi Selama Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PlumX Metrics

Published
2023-12-07
Section
Articles