Optimalisasi Instagram sebagai Media Manajemen Informasi berdasarkan Teori Jean Baudrillard

  • Nuriah Hasibuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Labibah Zain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 425 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 189

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi Instagram dapat menciptakan: a) simulasi realitas perpustakaan yang dapat meningkatkan akses informasi di perpustakaan, b) hiperrealitas perpustakaan yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan informasi, c) simulacra perpustakaan yang dapat membentuk persepsi pengguna perpustakaan terhadap perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Instagram dapat menciptakan: a) simulasi realitas perpustakaan dapat meningkatkan akses informasi di perpustakaan melalui promosi koleksi perpustakaan, informasi tentang kegiatan perpustakaan, dan komunikasi dengan pengguna perpustakaan, b) Hiperrealitas perpustakaan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan informasi melalui ketertarikan pengguna untuk mengakses informasi, aktivitas pengguna dalam berinteraksi dengan informasi, dan keterlibatan pengguna dengan komunitas perpustakaan, c) Simulacra perpustakaan dapat membentuk persepsi pengguna perpustakaan terhadap perpustakaan, baik secara positif maupun negatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Instagram dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan manajemen informasi di perpustakaan. Namun, implementasi Instagram harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat. Pengelola perpustakaan harus memahami konsep hiperrealitas Jean Baudrillard dan menerapkannya pada Instagram perpustakaan.

References

Alfin Ramadhan, Muhammad, and Sri Rohyanti Zulaikha. “Urgensi Penerapan Automasi Perpustakaan Pada Perpustakaan Sekolah.” Journal of Information and Library Review 1, no. 1 (May 19, 2023): 31–40. https://doi.org/10.61540/jilr.v1i1.35.

Asharudin, Ropip. “Analisis Pemikiran Jean Baudrillard Tentang Simulasi Dan Realitas Dalam Konteks Era Digital.” Gunung Djati Conference Series 24 (2023): 905–21. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs.

Barroso, Paulo. “From Reality to the Yyperreality of the Simulation.” Texto Livre 15 (May 17, 2022): e37426. https://doi.org/10.35699/1983-3652.2022.37426.

ÇİĞDEM, Serpil. “Evaluation of Metaverse in the Digital Transformation Process within the Framework of Jean Baudrillard’s Simulation Theory.” Afyon Kocatepe Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi 24, no. 3 (September 26, 2022): 1156–75. https://doi.org/10.32709/akusosbil.1107098.

D, Chaitra. “Library: A Service Oriented Organisation.” International Journal For Multidisciplinary Research 4, no. 6 (December 29, 2022): 1–5. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2022.v04i06.1220.

Ekesa, Beatrice Jane, Alina Nikolaevna Rinkanya, and Kimingichi Wabende. “Hyperreality and Liveness in Kenyan Spoken Word Poetry Performances in Social Media.” Journal of Critical Studies in Language and Literature 4, no. 1 (January 20, 2023): 10–13. https://doi.org/10.46809/jcsll.v4i1.189.

Haryanto. “Pemanfaatan Social Media Network Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Optimalisasi Resources Sharing Koleksi Antar Perguruan Tinggi.” Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan 8, no. 1 (July 29, 2016): 130. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i1.470.

Jauhari, Minan. “Media Sosial: Hiperrealitas Dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now Dalam Pemikiran Jean Baudrillard.” Jurnal AL-’Adalah 20, no. 1 (2017): 117–36. http://digilib.uinkhas.ac.id/2311/.

Khotijah, Era Bratadjaya Nur, Tintien Koerniawati, and Elizabeth Sri Lestari. “Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 10, no. 1 (July 1, 2022): 111. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i1.14296.

Mafar, Fiqru. “Pertumbuhan Akun Instagram Perpustakaan Ptkin Di Indonesia.” Al’adalah 23, no. 2 (October 1, 2020): 93–101. https://doi.org/10.35719/aladalah.v23i2.29.

Nurmansyah, Fadil. “Hiperrealitas Pada Media Sosial Pengguna Instagram Di Kalangan Mahasiswa.” Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya 2, no. 2 (December 27, 2021): 1–15. https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.79.

Oktavianingtyas, Irmawati, Alexander Seran, and Ridzki Rinanto Sigit. “Jean Baudrillard Dan Pokok Pemikirannya.” PROPAGANDA 1, no. 2 (July 9, 2021): 113–21. https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.258.

Saufa, Arina Faila. “The Role Of Instagram Social Media In Increasing Students Visit At The Library Of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 7, no. 1 (June 30, 2023): 165. https://doi.org/10.29240/tik.v7i1.6938.

Wibawanto, Alwan. “Penggunaan Internet Dalam Perpustakaan.” Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan 10, no. 2 (December 31, 2018): 191. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i2.1472

PlumX Metrics

Published
2024-07-30
How to Cite
Hasibuan, N., & Zain, L. (2024). Optimalisasi Instagram sebagai Media Manajemen Informasi berdasarkan Teori Jean Baudrillard. Pustakaloka, 16(1), 1-22. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v16i1.8460
Section
Articles