KECEMASAN SOSIAL REMAJA DI DESA SELUR NGRAYUN PONOROGO

  • Zahra Nur Yudianfi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 432 , PDF downloads: 3500

Abstract

Abstrak
Usia remaja sangat sensitif pada persoalan kecemasan sosial, terutama pada remaja akhir, yaitu dari usia 19 sampai 22 tahun. Gejala kecemasan sosial yang timbul pada remaja adalah jantung berdebar dengan cepat, sesak nafas, berkeringat, tubuh gemetar, gagap dalam berbicara, gugup, dan bingung. Kecemasan sosial remaja timbul ketika berpikir jika dirinya melakukan suatu kegiatan aakan mendapat penilaian secara berlebihan dari orang lain. Karena adanya permasalahan tersebut pada remaja Desa Selur, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang kecemasan sosial pada remaja Desa Selur Ngrayun Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitataif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sementara (conclusion). Dari analisis data ditemukan: Bentuk-bentuk kecemasan sosial yang dialami oleh remaja akhir Desa Selur meliputi: cemas menghadapi situasi sosial, kesulitan berinteraksi dengan orang lain,dan tidak pecaya diri.Penyebab kecemasan sosial yang dialami remaja akhir Desa Selur meliputi: cara berpikir,kurang fokus perhatian, dan konteks evaluasi. Dalam mengatasi kecemasan sosial yang remaja lakukan adalah relaksasi, meminta nasehat orangtua dan teman sebaya, dan mengandalkan pada diri sendiri sertamempercayakan pada Allah SWT.

Author Biography

Zahra Nur Yudianfi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Bimbingan Penyuluhan Islam

References

Ajhuri, Kayyis Fithri. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2019.

Anggreni, Ni Wayan Yuli. Pengaruh Stigma Terhadap Self Esteem Pada Remaja Perempuan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Bali di SMA 2 Denpasar. Bali: Jurnal Psikologi Udayana, Vol.4, No.1, 2017.

Brecht, Grant. Sorting Our Stress Mengenal dan Menanggulangi Stress. Jakarta: Prenhalindo, 2000.

Kholifah, Nanik. Peran Teman Sebaya dan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Pasuruan: Jurnal Psikologi, 2016.

Martin & Richard, The Shyness & Social Anxiety Worbook. Oakland: New Harbinger Publications, 2017..

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Puspita, Novia Ayu. Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Taruna Akademi Kepolisian Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.

Ratsja, Wilga Secsio . Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal, Vol. 3, No.1.

Sayekti, Wilis. Dkk. Kecemasan Sosial. Bandung: CV Semiotika, 2019.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles