KONTROL DIRI PADA REMAJA PENGGEMAR GAME ONLINE DI DESA SIDOHARJO PULUNG PONOROGO

  • Elsa Marista IAIN PONOROGO
Abstract views: 82 , PDF downloads: 188
PDF downloads: 60
Kontrol Diri Pada Remaja Penggemar Game Online Di Desa Sidoharjo Pulung Ponorogo downloads: 0

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku remaja penggemar game online, dampak game online pada remaja, dan kontrol diri pada remaja yang dilakukan di Desa Sidoharjo Pulung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku ketiga subjek remaja penggemar game online yaitu suka menunda pekerjaan, kurang berminat untuk bersosialisasi, pola hidup yang kurang sehat, dan sering membantah orang tua. Dampak game online pada ketiga subjek meliputi dampak negatif seperti mudah marah, perubahan pola makan dan istirahat, sering dimarahi orang tua dan nilai sekolah mengalami penurunan. Adapun dampak positif yaitu mereka dapat memahami beberapa istilah bahasa asing, merasa bahagia dan mengurangi stres. Jenis kontrol diri dari ketiga subjek menunjukkan kontrol diri yang sama yakni dengan appropriate control atau kontrol yang tepat. Aspek kontrol diri yang dilakukan ketiga subjek sama yakni kontrol kognitif dan kontrol perilaku. Kontrol kognitif yang dilakukan ketiga subjek dengan menyadari bahwa bermain game online sebenarnya kurang bermanfaat. Kontrol perilaku yang dilakukan ketiga subjek dengan menyibukkan diri untuk melakukan kegiatan yang lebih positif.
Kata kunci: Kontrol Diri, Remaja, Penggemar Game Online

PlumX Metrics

Published
2022-12-28