KOHESIVITAS KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN INTELEGENSI ANAK PERIODE EMAS DI KELURAHAN MANGUNSUMAN PONOROGO

  • Rifatul Qoriah qori Rifatuliainpo
Abstract views: 46 , PDF downloads: 97
KOHESIVITAS KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN INTELEGENSI ANAK PERIODE EMAS DI KELURAHAN MANGUNSUMAN PONOROGO downloads: 0

Abstract

ABSTRAK Keluarga merupakan unit sosial terkecil di masyarakat yang memegang perananan terpenting, karena dari keluargalah akan muncul seorang anak yang akan menjadi penerus atau para pemimpin bagi bangsa kedepannya. Adanya kohesivitas keluarga yang baik dalam mengembangkan, memperhatikan, dan mendidik anak sedari usia periode emas maka akan menjadikan intelegensi anak berkembang secara optimal. Seperti beberapa keluarga di kelurahan Mangunsuman yang menjaga kohesivitas dengan baik agar dapat mengoptimalkan perkembangann intelegensi anak di masa periode emas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil data dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi. Terdapat dua poin rumusan masalah yaitu:pertama, Bagaimana kohesivitas keluarga dalam mengembangkan intelegensi anak periode emas di Kelurahan Mangunsuman Ponorogo?Kedua, Bagaimana perkembangan intelegensi anak periode emas di Kelurahan Mangunsuman Ponorogo? Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Pertama, kohesivitas keluarga di kelurahan mangunsuman memanfaatkan adanya quality time dan peran anggota keluarga yang lain atau pengasuh dalam mengembangkan intelegensi anak di usia periode emas, Kedua, perkembangan intelegensi anak di kelurahan mangunsuman berkembang dengan baik meskipun antara anak yang satu dengan yang lain tidak sama persis Kata Kunci: Kohesivitas Keluarga, Intelegensi, Periode Emas

Author Biography

Rifatul Qoriah qori, Rifatuliainpo
IAIN PONOROGO

References

DAFTAR RUJUKAN

Azwar, Saifuddin. Psikologi Intelegensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Carron, Bray & Eys. Team Cohesion and team success in sport: Journal of Sport Science, No. 20.

Firdaus, Salamatul. dalam skripsi Peranan Orang Tua dalam Mendidik Kecerdasan Emosional Anak Usia 6-12 tahun dalam Perspektif Pendidikan Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: 2016.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga “Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga”, Jakarta: Kencana, 2012.

Tinon, Citraning Suci. Kohesivitas Keluarga dalam Mengembangkan Ketrampilan Interpersonal pada Anak, Universitas Muhammadiyah Surakart: 2014

Halim Purnomo, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2019.

Marliani, Rosleny. Psikologi Perkembagan Anak & Remaja, Bandung: Redaksi Pustaka Setia, 2016).

Sulastry Pakpahan, Penyuluhan dan Pelatihan Stimulasi Periode Emas Anak 1000 HPK di Wilayah Puskesmas Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Poltekkes Medan: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Desember 2000.

PlumX Metrics

Published
2022-12-29