Art Therapy Sebagai Upaya Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyesaikan Tugas Akhir
DOI:
https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i2.10558Abstract
Artikel ini merupakan hasil kegiatan penelitian yang terfasilitasi dalam kegiatan pengabdian kepada msyarakat di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Ponorogo. Berawal dari kondisi banyaknya mahasiswa yang mengalami keterlambatan penyelesaian tugas akhir skripsi hingga banyaknya keluhan mengenai stres yang mereka alami. Sehingga artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai stres akademik hingga penyelesaiannya menggunakan pendekatan art therapy. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini Participatory Action Research (PAR) yang didukung dengan teknik before after. Guna mengetahui data sebelum dan setelah kegiatan maka peneliti menggunakan penyebaran angket kepada peserta pelatihan. Data tersebut di analisis menggunakan intrumen t-test dengan program JASP versi 0.19.1. Hasil yang didapatkan yakni adanya penurun angka stres peserta pelatihan. Meski demikian penurunan angka tersebut tidak terjadi secara significant, hal ini yang mendasari kegiatan pendampingan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan hingga hasilnya sesuai dengan target yang diharapkan.