Implementasi Program Read Aloud dengan Melibatkan Orang Tua untuk Meningkatkan Literasi di TK Islam Khairiah Ponorogo

Authors

  • Safiruddin Al Baqi IAIN Ponorogo
  • Nanda Pratiwi Wijayana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nida Fitra Nurani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nirmala Putri Zahra Salsabil Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nuha Maulida Zakiya Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nurasyia S. Usman Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i2.10774

Abstract

Program Read Aloud merupakan program inovatif sekolah yang melibatkan peran aktif orang tua siswa sebagai pencerita atau pendongeng dalam upaya meningkatkan literasi. Melalui kegiatan bercerita atau mendongeng, anak-anak akan belajar memetakan pengalaman mental mereka, memperluas kosa kata, dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi bagaimana Program Read Aloud membantu meningkatkan literasi dan bagaiman keterlibatan orang tua siswa dalam kegiatan literasi untuk anak usia dini serta bagaimana sinergitas antara orang tua siswa dengan sekolah terbangun melalui Program Read Aloud. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif  dengan pendekatan studi kasus untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai bagaimana implementasi Program Read Aloud dengan melibatkan orang tua untuk meningkatkan literasi di TK Islam Khairiah Ponorogo, adapun teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, pengamatan langsung dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Read Aloud di TK Islam Khairiah Ponorogo telah memberikan banyak dampak positif. Bagi anak-anak  program ini telah mempercepat peningkatan literasi anak, membantu mereka mengembangkan kemampuan membaca, berbicara, serta pemahaman sosial dan emosional. Bagi orang tua siswa program ini mendorong keterlibatan orang tua dalam pendidikan literasi anak, meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya literasi melalui persiapan, serta memperkuat hubungan emosional dengan anak.  Bagi sekolah program Read Aloud membantu sekolah menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih kolaboratif, meningkatkan mutu pendidikan melalui keterlibatan keluarga, serta memperkuat hubungan kerjasama antara guru dengan orang tua.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles