Implementasi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kemampuan Perlindungan Diri

Authors

  • Alinda Intan Anisyah IAIN Ponorogo
  • Umi Rohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/wisdom.v6i1.11307

Abstract

Pendidikan seks pada anak usia dini merupakan upaya preventif dalam membentuk pemahaman anak terhadap tubuh, privasi, dan perlindungan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan seks di RA 'Aisyiyah Ronowijayan Siman Ponorogo serta menganalisis efektivitasnya dalam mengembangkan kemampuan perlindungan diri anak. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain, bercerita, demonstrasi, dan bernyanyi efektif dalam menyampaikan materi pendidikan seks secara menyenangkan dan kontekstual. Materi yang disampaikan meliputi sentuhan boleh dan tidak boleh, menutup aurat, serta toilet training. Temuan ini menunjukkan bahwa dengan metode yang tepat dan suasana belajar yang kondusif, anak usia dini mampu menginternalisasi konsep perlindungan diri secara optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan kurikulum PAUD yang mengintegrasikan aspek perlindungan anak melalui pendidikan seks yang sesuai dengan perkembangan anak.

Downloads

Published

2025-06-25

Issue

Section

Articles