Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Lingkungan Belajar Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.21154/wisdom.v6i1.12358Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak sejak dini. Salah satu langkah strategis untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal adalah melalui penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mewujudkan lingkungan belajar yang ramah anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesamben dan TK Negeri Pembina Wlingi, Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi multisitus, melibatkan kepala sekolah, guru, komite, dan orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting sebagai perencana, pelaksana, pengendali, dan inovator dalam penerapan Sekolah Ramah Anak. Kepemimpinan kepala sekolah ditunjukkan melalui gaya transformasional dan kolaboratif, dengan menumbuhkan partisipasi aktif seluruh warga sekolah. Faktor pendukung meliputi budaya kerja yang terbuka, sarana prasarana memadai, serta keterlibatan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan guru pendamping ABK dan perbedaan pemahaman orang tua terhadap konsep Sekolah Ramah Anak.


