Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama Dan Moral Dalam Penanggualangan Bulliying Anak

Authors

  • sumiasih sumiasih Universitas Negeri Malang
  • Pramono Pramono Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21154/wisdom.v6i1.12395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berbasis agama dan moral dalam mengurangi dan mencegah perilaku bullying pada anak. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai agama dan moral efektif dalam membentuk sikap positif anak-anak, seperti saling menghormati dan berbagi. Anak-anak juga mulai memahami konsep bullying dan menunjukkan sikap peduli terhadap teman, baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, peran guru sebagai model dalam interaksi sosial dan pengajaran nilai moral berkontribusi signifikan dalam mengubah persepsi anak-anak terhadap bullying. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai agama dan moral dalam kurikulum TK untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying, serta peran aktif guru dan orangtua dalam mendukung penguatan tersebut.

Downloads

Published

2025-11-21

Issue

Section

Articles